Skip to main content

Hadits Adab Az Zifaf (21)

أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ

Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati.

Adab Az Zifaf.
Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah.

Adab Menikah.

10. Berwudhu Setelah Bersetubuh Ketika Hendak Tidur.

Dari Ammar bin Yasir radhiyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda,

"Tiga orang yang tidak didekati oleh Malaikat: mayat orang kafir, laki-laki yang melumuri badannya dengan khaluq (72), dan orang junub yang tidak wudhu." (73)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

72. Menurut Ibnul Atsir, khaluq ialah jenis minyak wangi yang terkenal yang komposisinya terdiri atas minyak ja'faran dan beberapa jenis minyak wangi lain. Adanya larangan ini karena campuran minyak wangi ini biasanya dipakai oleh kaum wanita.

73. Hadits ini derajatnya hasan; diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam kitab Sunannya (II/ 192-193) dengan dua jalur periwayatan. Ahmad, Ath Thahawi, dan Al Baihaqi meriwayatkan melalui salah satu jalurnya. Hadits melalui jalur yang satu ini dinilai shahih oleh At Tirmidzi dan lainnya. Lafal ini menjadi pembicaraan sebagaimana telah saya jelaskan dalam kitab Dha'if Sunan Abi Dawud (hadits no. 29). Akan tetapi, redaksi hadits yang diriwayatkan melalui jalur periwayatan yang pertama, yaitu hadits ini, mempunyai dua hadits pendukung yang disebutkan oleh Al Haitsami dalam kitab Al Majma' (V/ 156). Oleh karena itu, saya menilai hadits ini hasan.

Adapun hadits dengan jalur periwayatan yang satu lagi diriwayatkan oleh Ath Thabarani dalam kitab Al Kabir (III: 143/ 2) dari Ibnu 'Abbas.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: (أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ) Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, Penerbit: Dar As Salam, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1423 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Adab Az Zifaf, Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: Abu Shafiya, Editor: Abu Hanief, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Muharram 1425 H/ Maret 2004 M, Cetakan Ketiga.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog