Skip to main content

Hadits Adab Az Zifaf (45)

أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ

Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati.

Adab Az Zifaf.
Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah.

Adab Menikah.

22. Wajib Mempunyai Kamar Mandi di dalam Rumah.

Dari Ummu Ad Darda' radhiyallaahu 'anha, ia berkata,

"Saya pernah keluar dari kamar mandi umum. Tiba-tiba saya berpapasan dengan Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam. Beliau bertanya, 'Dari mana wahai Ummu Ad Darda'?' Saya menjawab, 'Dari kamar mandi umum.' Beliau bersabda, 'Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, seorang wanita yang menanggalkan busananya selain di rumah ibunya berarti telah merobek tabir antara dirinya dengan Tuhan Yang Maha Rahman." (105)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

105. Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad (VI/ 361-362) dan Ad Daulabi (II/ 134) dengan dua sanad dari Ummu Ad Darda'; yang salah satunya shahih dan dinilai kuat oleh Al Mundziri.

Hadits ini menunjukkan bahwa kamar mandi umum sudah dikenal sejak dulu di negeri Hijaz. Ada sebagian hadits yang berbunyi:

"Sesungguhnya akan ditaklukkan untuk kalian negeri 'Ajam, yang di situ kalian akan menemukan bangunan-bangunan yang dinamai kamar mandi..."

Akan tetapi sanad hadits ini tidak shahih, sebagaimana tersebut dalam Kitab Takhrij Al Halal wa Al Haram (hadits no. 192). Oleh karena itu, hadits ini tidak secara jelas membantah keterangan dalam hadits-hadits yang sedang kita bahas. Camkanlah!

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: (أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ) Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, Penerbit: Dar As Salam, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1423 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Adab Az Zifaf, Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: Abu Shafiya, Editor: Abu Hanief, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Muharram 1425 H/ Maret 2004 M, Cetakan Ketiga.

===

Ary Ambary bin Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog