Skip to main content

Hadits Adab Az Zifaf (57)

أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ

Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati.

Adab Az Zifaf.
Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah.

Adab Menikah.

28. Dalam Walimah Tidak Boleh Hanya Orang Kaya yang Diundang.

Sabda Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam,

"Sejelek-jelek makanan adalah hidangan walimah yang orang-orang kaya diundang menghadirinya tetapi orang-orang miskin tidak diundang. Barangsiapa tidak memenuhi undangan walimah berarti dia mendurhakai Allah dan Rasul-Nya." (121)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

121. Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim (IV/ 154) dan Al Baihaqi (VII/ 262) dari Abu Hurairah secara marfu', tetapi diriwayatkan oleh Al Bukhari (IX/ 201) secara mauquf. Meskipun begitu riwayat Al Bukhari dihukumi marfu' sebagaimana dijelaskan oleh Al Hafizh ketika memberi penjelasan hadits tersebut. Ketika memberi penjelasan terhadap perkataan Nabi (shallallaahu 'alaihi wa sallam), "Orang-orang kaya diundang untuk menghadirinya," dia berkata, "Kalimat tersebut berbicara tentang hidangan walimah. Kalau orang yang diundang dalam walimah tersebut umum, meliputi orang kaya maupun orang miskin, tentu hidangan tersebut tidak dikatakan sejelek-jelek makanan."

Saya telah mentakhrij hadits ini dalam kitab Irwa' Al Ghalil dan saya katakan di sana bahwa hadits tersebut mempunyai beberapa jalur periwayatan lain serta beberapa hadits pendukung.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: (أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ) Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, Penerbit: Dar As Salam, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1423 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Adab Az Zifaf, Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: Abu Shafiya, Editor: Abu Hanief, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Muharram 1425 H/ Maret 2004 M, Cetakan Ketiga.

===

Ary Ambary bin Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog