Skip to main content

Hadits Adab Az Zifaf (24)

أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ

Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati.

Adab Az Zifaf.
Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah.

Adab Menikah.

11. Hukum Wudhu bagi Orang Junub.

Dari 'Aisyah juga disebutkan:

"Pernah Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam tidur dalam keadaan junub. (Di pagi harinya) Bilal datang mengumandangkan adzan. Rasulullah (shallallaahu 'alaihi wa sallam) pun bangun, lalu mandi. Saya melihat air bercucuran dari kepala beliau.

Beliau keluar dan (tidak selang berapa lama) saya mendengar suara beliau mengimami jama'ah shalat Shubuh; dan pagi itu beliau berpuasa."

Mutharrif berkata, "Saya bertanya kepada 'Amir, 'Apakah itu bulan Ramadhan?' Dia menjawab, 'Ya, di bulan Ramadhan atau bulan lainnya.'" (77)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

77. Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah (II: 173/ 2) dari Asy Sya'bi dari Masruq dari 'Aisyah. Sanad hadits ini shahih. Hadits ini menjadi hadits pendukung yang kuat dari hadits sebelumnya.

Hadits ini juga diriwayatkan oleh Ahmad (VI/ 101 & 254), Abu Ya'la dalam kitab Musnadnya (I/ 224). Hadits ini saya ketahui juga mempunyai jalur periwayatan lain.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: (أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ) Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, Penerbit: Dar As Salam, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1423 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Adab Az Zifaf, Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: Abu Shafiya, Editor: Abu Hanief, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Muharram 1425 H/ Maret 2004 M, Cetakan Ketiga.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog