Skip to main content

Perantara antara Allah dan makhluk-Nya (4): Macam-macam perantara yang ditolak

Ngalap berkah Nabi dan wali (ditinjau dari sisi Syar'i)

Perantara antara Allah dan makhluk-Nya (4)

Macam-macam perantara yang ditolak.

Dan di dalam al-Qur-an terdapat banyak sekali bantahan terhadap kelompok di atas yang bukan di sini tempat pembahasannya. Sesungguhnya wasithah (perantara) antara raja-raja dan manusia (rakyat) terjadi karena dilandasi salah satu dari tiga sisi berikut:

1. Mungkin karena perantara tersebut berfungsi untuk mengabarkan kepada raja-raja tersebut tentang keadaan rakyatnya yang tidak diketahuinya.

Maka barangsiapa yang mengatakan Allah tidak mengetahui keadaan-keadaan para hamba-Nya sehingga memerlukan sebagian Malaikat, Nabi-nabi atau yang lainnya untuk mengabarkan kepada-Nya maka dia telah kafir. Bahkan Allah Jalla Jalaaluh Maha Mengetahui yang rahasia, yang tersembunyi, tidak ada sesuatupun yang tersembunyi dari Allah sedikitpun, baik sesuatu yang ada di bumi tidak pula di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat. Dia Maha Mendengar suara dengan bahasa yang beraneka ragam dari berbagai kebutuhan, tidak membuat-Nya tersibukkan untuk mendengar sesuatu dikarenakan Dia mendengar yang lainnya. Tidak pula ada permasalahan yang tersalah oleh-Nya, tidak pula Dia merasa bosan dengan terus mendesaknya orang-orang yang meminta kepada-Nya.

Bersambung...

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: al-Wasithah baina al-Haq wal Khalq, Penulis: Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullaah, Penerbit: Riaasah Idarah al-Buhuts al-Ilmiyah wal Ifta', Cetakan I, Tahun 1419 H. Judul terjemahan: Perantara antara Allah dan makhluk-Nya - Ngalap berkah Nabi dan wali (ditinjau dari sisi Syar'i), Penerjemah: Hikmatur Rahmah, Penerbit: Pustaka al-Haura' Jogjakarta - Indonesia, Cetakan I, Shafar 1425 H/ Maret 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog