Skip to main content

Adabul Mufrad (24)

Kitab Adabul Mufrad (24)

Kitab Berbakti kepada kedua orang tua

Bab 13: Bakti kepada kedua orang tua yang musyrik.

24. Sa'ad bin Abi Waqqash radhiyallaahu 'anhu berkata, "Ada empat ayat dari al-Qur-an yang turun padaku. Pertama, ibuku bersumpah untuk tidak makan dan minum sampai aku memisahkan diri dari Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, Allah Ta'ala lalu menurunkan ayat 15 surat Luqman:

"Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik."

Kedua, aku pernah mengambil pedang yang aku sukai, lalu aku berkata kepada Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, 'Wahai Rasulullah, berikanlah kepadaku pedang ini'. Maka turunlah ayat 1 surat al-Anfal:

"Mereka menanyakan kepadamu tentang pembagian harta rampasan perang."

Ketiga, aku pernah sakit, lalu Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam mengunjungiku. Aku berkata, 'Wahai Rasulullah, aku ingin membagi hartaku, apakah aku boleh berwasiat untuk memberikan separuhnya?' Beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda, 'Tidak'. Aku bertanya lagi, 'Sepertiganya?' Beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam diam lalu sepertiga dibolehkan setelah itu.

Keempat, aku pernah minum minuman keras bersama salah satu kaum dari Anshar. Tiba-tiba salah seorang dari mereka memukulkan janggut unta pada hidungku. Aku segera menemui Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam. Setelah itu Allah Ta'ala menurunkan ayat mengenai haramnya minuman keras (khamr)."

Bersambung...

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Adabul Mufrad, Penulis: Imam al-Bukhari rahimahullaah, Penerjemah: Muhammad Khalid Abri, Penerbit: Syiar Semesta, Cetakan I, Mei 2004 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog