Skip to main content

'Aqidah Salaf Ashabul Hadits (13)

'Aqidah Salaf Ashabul Hadits (13)

Al-Qur-an Kalamullah dan bukan makhluk

13 - Beliau (Ibnu Jarir) berkata: Aku pernah mendengar dari banyak shahabatku yang tak kuhafal nama-namanya, mereka menyebut-nyebut bahwa beliau (Ahmad bin Hambal) pernah berkata: "Barangsiapa yang berkata ucapan orang yang melafalkan al-Qur-an adalah makhluk, maka dia adalah orang jahmiyyah. Dan barangsiapa yang berkata, bukan makhluk, maka ia adalah ahli bid'ah." (39)

Bersambung...

===

(39) Karena hal itu tidak pernah dipertanyakan oleh para shahabat radhiyallaahu 'anhum, padahal mereka adalah orang yang paling getol bertanya tentang 'ilmu. Seandainya mempertanyakan hal itu adalah syar'i dan baik, niscaya mereka telah lebih dahulu bertanya sebelum kita, -pent. Riwayat di atas dinukil oleh 'Abdullah bin Ahmad bin Hambal dari bapaknya dalam kitab as-Sunnah halaman 29.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: 'Aqiidatu as-Salaf Ash-haabu al-Hadiits, Penulis: Syaikhul Islam Abu Isma'il 'Abdurrahman bin Isma'il ash-Shabuni, Pentahqiq: Badar bin 'Abdullah al-Badar, Judul terjemah: 'Aqidah Salaf Ashabul Hadits, Penerjemah: Abu Umar Basyir al-Maidani, Penerbit: at-Tibyan, Solo, Indonesia.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog