Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Al-Baqarah, Ayat 40-41

Al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Al-Baqarah, Ayat 40-41

Hai Bani Israil, ingatlah nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu, dan penuhilah janjimu kepada-Ku, niscaya Aku penuhi janji-Ku kepadamu; dan hanya kepada-Ku-lah kamu harus takut (tunduk). (QS. 2: 40) Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah Aku turunkan (al-Qur-an), yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada-Ku-lah kamu harus bertakwa. (QS. 2: 41)

Ajakan Kepada Bani Israil untuk Masuk Agama Islam

Melalui firman-Nya ini, Allah Sub-haanahu wa Ta'aala memerintahkan Bani Israil untuk masuk Islam dan mengikuti Nabi Muhammad shallallaahu 'alaihi wa sallam, serta menggugah mereka dengan menyebut bapak mereka, Israil, yaitu Nabi Ya'qub 'alaihis salaam. Pengertiannya: "Wahai anak-anak hamba yang shalih, yang taat kepada Allah, jadilah kalian seperti ayah kalian (Ya'qub) dalam mengikuti kebenaran." Sebagaimana engkau mengatakan: "Wahai putera orang yang mulia, berbuatlah seperti ini." "Wahai putera si pemberani, tandingilah para pahlawan." Atau, "Wahai putera orang 'alim, tuntutlah 'ilmu," dan lain sebagainya. Dan di antaranya adalah firman Allah Sub-haanahu wa Ta'aala: "(Yaitu) anak cucu dari orang-orang yang Kami bawa bersama Nuh. Sesungguhnya dia adalah hamba (Allah) yang banyak bersyukur." (QS. Al-Israa': 3)

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Edit Isi: Abu Ahsan Sirojuddin Hasan Bashri Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Cetakan Keempat Belas, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

ATAP BAJA RINGAN TERBAIK
Anda membutuhkan atap baja ringan terbaik di Tangerang? Kami siap membantu Anda. Layanan GRATIS konsultasi, estimasi biaya, dan survei lokasi.
http://www.bajaringantangerang.com

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog