Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Al-Baqarah, Ayat 40-41 (3)

Al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Al-Baqarah, Ayat 40-41 (3)

Berbagai Nikmat Allah Atas Kaum yahudi

Firman Allah Ta'ala: "Ingatlah nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu," Mujahid mengatakan, "Yaitu nikmat yang dikaruniakan Allah Sub-haanahu wa Ta'aala kepada mereka, baik yang disebutkan maupun yang tidak. Di antaranya berupa memancarnya mata air dari batu, turunnya manna (makanan yang rasanya manis seperti madu), dan salwa (sejenis burung puyuh) dan selamatnya mereka dari perbudakan kerajaan fir'aun." (168)

Abul 'Aliyah berkata: "Nikmat Allah itu berupa ketetapan-Nya untuk menjadikan di antara mereka para Nabi dan Rasul serta menurunkan kepada mereka Kitab-kitab." (169)

Aku (Ibnu Katsir) katakan bahwa hal ini seperti ucapan Musa 'alaihis salaam kepada mereka (Bani Israil):

"Hai kaumku, ingatlah nikmat Allah atasmu ketika Dia mengangkat Nabi-nabi di antara kamu, dan dijadikan-Nya kamu orang-orang merdeka, dan diberikan-Nya kepadamu apa yang belum pernah diberikan-Nya kepada seorang pun di antara ummat-ummat yang lain," (QS. Al-Maa-idah: 20) pada zaman mereka.

Muhammad bin Ishaq meriwayatkan dari Ibnu 'Abbas (ra-dhiyallaahu 'anhuma), tentang firman Allah: "Ingatlah nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu." Ia mengatakan, yaitu ujian-Ku atas kalian dan bapak-bapak kalian saat Kami selamatkan mereka dari fir'aun beserta kaumnya."

===

(168) Tafsiir ath-Thabari (1/556).

(169) Tafsiir ath-Thabari (1/556).

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Edit Isi: Abu Ahsan Sirojuddin Hasan Bashri Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Cetakan Keempat Belas, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

ATAP BAJA RINGAN TERBAIK
Anda membutuhkan atap baja ringan terbaik di Tangerang? Kami siap membantu Anda. Layanan GRATIS konsultasi, estimasi biaya, dan survei lokasi.
http://www.bajaringantangerang.com

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog