Skip to main content

Sembuh dengan Satu Titik: Prinsip Memilih Titik Bekam

Sembuh dengan Satu Titik

Bagian Kedua

Cara Membekam yang Efektif

Cara Memilih Titik Bekam yang Efektif

Prinsip Memilih Titik Bekam

Saat ini pengobatan dengan bekam sudah marak. Namun, banyak yang melakukan bekam tanpa didasari teori pengobatan. Banyak yang melakukan bekam hanya mencontoh gambar di buku. Ada juga yang membekam di tempat yang ia sukai. Mana yang sakit, itulah yang dibekam. Sehingga, bila ada pasien yang keluhannya banyak, maka semua tempat yang ada keluhannya dibekam semua. Walaupun hal ini menyembuhkan, namun masih tidak efektif.

Prinsip Memilih Titik Bekam

Pada prinsipnya, bekam harus memenuhi kriteria di bawah ini:

1. Memilih sedikit mungkin daerah yang dibekam, sehingga rasa nyeri yang ditimbulkan oleh bekas luka bekam tidak terlalu banyak. Sebab, ada pasien tertentu yang tidak tahan.

2. Menghindari daerah-daerah kosmetika, seperti wajah, karena bisa meninggalkan bekas luka. Ada orang-orang tertentu yang keberatan bila dibekam di wajahnya. Misalnya public figure, atau orang-orang yang sering berhadapan dengan orang lain.

3. Sedikit mungkin memakai gelas, sehingga lebih efisien. Memakai gelas yang banyak belum tentu lebih baik dibanding gelas sedikit. Satu gelas asalkan efektif dan tepat pada titik dan sesuai patofisiologi penyakitnya, lebih baik dari sepuluh gelas (sepuluh titik) yang penempatannya tidak memakai teori patofisiologi penyakit.

4. Sedikit titik, namun bisa mengobati banyak penyakit. Beberapa penyakit menimbulkan keluhan lebih dari satu, sehingga ada yang membekam di semua keluhan. Namun sebenarnya, cukup satu titik saja untuk banyak keluhan. Seperti pasien yang mengeluh sakit gigi, sakit tenggorokan, leher bengkak, mulut kering, nyeri bahu depan, nyeri ibu jari, nyeri telunjuk, gangguan pernafasan, dan kesulitan buang air besar. Menurut traditional medicine, semua ini merupakan gejala kelainan usus besar. Sehingga cukup memperbaiki dan mengobati satu titik pada usus besar saja; tidak perlu satu-persatu keluhan di bekam.

Karena itu, di sini akan dijelaskan bagaimana cara memilih titik bekam, sehingga pengobatan lebih efektif, tidak perlu banyak gelas, dan lebih besar efek penyembuhannya.

Beberapa cara memilih titik bekam:

1. Titik bekam di tempat keluhan.

2. Titik bekam di tempat yang jauh dari tempat keluhan.

3. Titik bekam pada pasangan dari titik di tempat keluhan.

4. Titik bekam istimewa.

5. Titik bekam sesuai jenis dan diagnosa penyakit.

6. Titik bekam sesuai keluhan meridian dan organ.

7. Titik bekam di dada dan perut.

8. Titik bekam di punggung.

9. Titik bekam di kepala.

10. Titik bekam Nabi.

===

Maraji'/ sumber:
Buku: Sembuh dengan Satu Titik, Penulis: dr. Wadda' A. Umar, Editor: Effendy Abu Ahmad, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan XIV, Nopember 2012 M/ Muharram 1434 H.

===

JUAL ATAP BAJA RINGAN
Anda membutuhkan pen jual atap baja ringan? Kami siap membantu Anda. Layanan GRATIS konsultasi, estimasi biaya, dan survei lokasi.
http://www.bajaringantangerang.com

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog