Skip to main content

Sembuh dengan Satu Titik: Memilih Titik Bekam di Tempat Keluhan

Sembuh dengan Satu Titik

Bagian Kedua

Cara Membekam yang Efektif

Memilih Titik Bekam Berdasarkan Titik Meridian

1. Memilih Titik Bekam di Tempat Keluhan

Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan sering dilakukan. Di mana ada keluhan, di situlah yang dibekam. Misalnya, ada orang sakit kepala dan pusing-pusing, maka pembekaman dilakukan di daerah kepala yang pusing. Bila keningnya terasa nyeri, maka dibekam pada keningnya. Bila giginya sakit, maka dibekam di pipi daerah yang sakit. Dan, bila lututnya nyeri, maka dibekam pada lututnya. Jadi, mana bagian tubuh yang nyeri, itulah yang dibekam. Namun, cara ini bila tidak hati-hati, akan menimbulkan kerusakan jaringan tubuh. Misalnya, nyeri karena trauma fisik, tidak boleh dilakukan pembekaman pada daerah yang nyeri karena akan menyebabkan meningkatnya rasa nyeri.

Dengan cara ini bisa diketahui kondisi penyakitnya, apakah termasuk penyakit karena berlebihnya fungsi tubuh (hiper) atau karena melemahnya fungsi tubuh (hipo). Apabila ada bagian tubuh yang nyeri, kemudian ditekan bagian yang nyerir tersebut semakin bertambah nyerinya, ini menandakan meridian yang bersangkutan mengalami fungsi berlebihan. Maka, terapinya adalah dengan mengurangi atau menurunkan fungsi meridian yang bersangkutan. Sebaliknya, bila ada bagian tubuh yang terasa nyeri, kemudian bila ditekan pada bagian yang nyeri tersebut semakin enak atau semakin berkurang nyerinya, ini menandakan meridian yang bersangkutan mengalami penurunan fungsi, melemahnya meridian atau defisiens. Maka, terapinya adalah dengan menaikkan, meningkatkan atau menguatkan chi meridian yang bersangkutan. Misalnya, di daerah punggung di sekitar ikat pinggang terasa nyeri. Setelah ditekan ternyata bertambah nyerinya, berarti meridian kandung kencing mengalami hiperfungsi, maka harus dilakukan pelemahan pada meridian kandung kencingnya. Sebab, meridian yang melalui punggung adalah meridian kandung kencing. Caranya adalah dengan membekam pada punggung yang nyeri. Apabila penyakitnya bersifat kuat, maka dilemahkan dengan membekamnya. Selama 15 - 30 menit. Bila penyakitnya lemah, maka dikuatkan dengan pembekaman selama 5 - 15 menit. Selain itu, bila memakai alat bekam yang berupa tabung penghisap yang banyak tersedia di toko-toko, yang sudah dilengkapi dengaan tabung magnet kecil yang berwarna merah atau biru, maka gunakan tabung dengan gelas biru untuk melemahkan, dan gelas merah untuk menguatkan. Bisa juga dengan menghisap memakai api untuk menguatkan, dan memakai udara untuk melemahkan.

Dasar kerja cara ini adalah bahwa semua penyakit, kelainan atau patogen menyerang tubuh melalui meridian. Di meridian yang dimasuki penyakit tersebut akan timbul rasa nyeri. Maka, dengan melakukan bekam di tempat yang nyeri, akan terjadi pengaktifan dari meridian yang bersangkutan. Sehingga dengan membekamnya, patogen akan terusir dan akan didapatkan penyembuhan. Namun, titik ini hanya sebatas mengurangi keluhan-keluhan ringan.

===

Maraji'/ sumber:
Buku: Sembuh dengan Satu Titik, Penulis: dr. Wadda' A. Umar, Editor: Effendy Abu Ahmad, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan XIV, Nopember 2012 M/ Muharram 1434 H.

===

ATAP BAJA RINGAN TERBAIK
Anda membutuhkan atap baja ringan terbaik? Layanan Gratis konsultasi, estimasi biaya, dan survei lokasi.
http://www.bajaringantangerang.com

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog