Skip to main content

Sembuh dengan Satu Titik: Memilih Titik Bekam Berdasarkan Titik Meridian

Sembuh dengan Satu Titik

Bagian Kedua

Cara Membekam yang Efektif

Memilih Titik Bekam Berdasarkan Titik Meridian

Tubuh manusia tersusun oleh organ dan meridian. Organ yang menyusun tubuh terdiri dari: usus besar (large intestine), lambung (stomach), usus kecil (small intestine), kandung kemih (bladder), tri pemanas (triple energizer), kandung empedu (gall bladder), paru-paru (lung), limpa (spleen), jantung (heart), ginjal (kidney), selaput jantung (pericardium), hati (liver), ren (conception vessel), dan du (governor vessel). Ilmu kedokteran modern sampai saat ini belum menemukan organ tri pemanas (triple energizer), ren (conception vessel), dan du (governor vessel). Masing-masing organ tersebut mempunyai saluran-saluran yang saling berhubungan yang disebut meridian. Dengan demikian, setiap organ juga mempunyai meridian.

Secara umum, memilih titik bekam cara ini didasarkan pada teori meridian. Tubuh manusia, tersusun oleh suatu garis imajiner yang melintang dan membujur yang disebut meridian. Meridian adalah gambaran sistem saluran dalam tubuh yang terdiri dari saluran yang membujur dan melintang pada seluruh tubuh, yang menghubungkan permukaan tubuh dengan organ, organ dengan organ, organ dengan jaringan penunjang, jaringan penunjang satu dengan lainnya, tubuh bagian kanan dengan yang kiri, tubuh yang atas dengan yang bawah, yang luar dengan yang dalam, organ tubuh dengan anggota gerak, dan sebaliknya, sehingga membentuk satu kesatuan yang saling berhubungan dan beraksi bersama-sama apabila mendapatkan rangsangan penyakit dari dalam tubuh atau pun luar tubuh. Melalui meridian inilah mengalir energi chi yang berperan dalam menyeimbangkan fungsi tubuh. Dengan mengaktifkan titik-titik dari meridian dengan cara membekam, maka energi chi akan mengalir sepanjang meridian menuju bagian tubuh yang tidak seimbang atau mengalami kelainan. Selanjutnya, ia akan mengembalikan bagian tubuh ke kondisi sehat seperti semula.

Di titik tersebut banyak terdapat kumpulan syaraf, motor neuron dan saluran pembuluh darah. Bila titik dibawahnya dibekam, maka akan terjadi proses kapiler dan arteriola, peningkatan jumlah leukosit, limfosit dan sistem retikulo endothelial, pelepasan ACTH, kortison, endorphin, enkefalin, dan fakto humoral lain. Selian itu, juga terjadi efek anti peradangan, penurunan serum lemak trigliserida, fosfolipida dan kolesterol LDL, merangsang proses lipolisis jaringan lemak dan mengatur kadar glukosa darah agar normal. Disertai pula pelepasan zat neuorokimia seperti endorphin dan peningkatan oksigen aliran darah. Secara mudah, titik tersebut bisa diibaratkan tombol listrik yang bila dipijat akan mengalirkan listrik ke seluruh tubuh. Jadi, dari titik itulah energi chi akan mengalir ke seluruh tubuh. Dan, energi chi inilah yang memperbaiki fungsi tubuh. Dengan adanya perbaikan fungsi tubuh, maka kesembuhan akan diperoleh.

===

Maraji'/ sumber:
Buku: Sembuh dengan Satu Titik, Penulis: dr. Wadda' A. Umar, Editor: Effendy Abu Ahmad, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan XIV, Nopember 2012 M/ Muharram 1434 H.

===

DAFTAR HARGA ATAP BAJA
Anda membutuhkan daftar harga atap baja? Layanan Gratis konsultasi, estimasi biaya, dan survei lokasi.
http://www.bajaringantangerang.com

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog