Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari: Bab Mewudhukan Orang Lain dan Bab Membaca al-Qur-an Setelah Berhadats atau Lainnya

Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari

Ringkasan Shahih Bukhari

Kitaabul wudhu'

4. Kitab Wudhu'

36. Bab: Mewudhukan Orang Lain

37. Bab: Membaca al-Qur-an Setelah Berhadats atau Lainnya

49.(118) Manshur berkata, dari Ibrahim, "Tidak mengapa membaca {al-Qur-an} di kamar mandi, dan tidak mengapa pula menulis surat tanpa berwudhu."

50.(119) Hammad berkata, dari Ibrahim, "Jika mereka mengenakan kain maka berilah salam, jika tidak maka jangan beri salam."

===

(118) Disebutkan oleh Sa'id bin Manshur dengan sanad shahih secara bersambung darinya. Ini yang paling benar di antara yang diriwayatkan oleh Sa'id dari Hammad bin Abi Sulaiman, ia berkata, "Aku bertanya kepada Ibrahim tentang membaca {al-Qur-an} di kamar mandi, dan ia menjawab, bahwa itu makruh." Atsar lainnya disambungkan oleh 'Abdurrazzaq yang sanadnya juga shahih.

(119) Disebutkan secara bersambung oleh ats-Tsauri dalam kitab jami'nya darinya dengan sanad hasan.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

BAJA RINGAN TERBAIK
Anda membutuhkan baja ringan terbaik di Tangerang? Kami siap membantu Anda. Layanan GRATIS konsultasi, estimasi biaya, dan survei lokasi.
http://www.bajaringantangerang.com

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog