Skip to main content

Sembuh dengan Satu Titik: Teknik yang Dilakukan Setelah Kulit Terhisap (Teknik Manipulasi)

Sembuh dengan Satu Titik

Bagian Kedua

Cara Membekam yang Efektif

Teknik Menghisap Kulit

Teknik yang Dilakukan Setelah Kulit Terhisap (Teknik Manipulasi)

Setelah tabung tertelungkup pada kulit, maka dapat diteruskan pengobatan lanjutan (teknik manipulasi) dengan berbagai teknik seperti di bawah ini:

1. Metode Membiarkan Tabung

Setelah gelas atau tabung ditelungkupkan pada kulit, biarkan tabung tertinggal di kulit selama 10-20 menit. Satu-dua gelas biasanya sudah cukup. Namun, untuk daerah yang luas mungkin perlu 2-4 gelas. Metode ini yang sering dipakai, karena mudah dan aman.

2. Metode Menarik Api Secara Berulang

Kapas yang sudah menyala dipegang dengan memakai klamp atau forsep. Lalu dimasukkan ke dalam gelas tabung dan didekatkan pada permukaan kulit tanpa menyentuh kulit. Lalu dengan cepat, tarik kembali kapas dengan forsep tadi dari tabung, dan dengan cepat pula letakkan gelas pada kulit yang telah dipilih hingga menempel di kulit. Angkat kembali gelas dan tabung. Ulangilah beberapa kali. Metode ini sangat tepat jika dipakai untuk mengobati penyakit tipe kelemahan (defisiensi) yang menyebabkan gangguan fungsi, kekakuan dan nyeri tubuh.

3. Metode Menggerak-gerakkan Tabung

Metode ini dipakai untuk daerah yang banyak ototnya, seperti: punggung, pinggang, pantat dan paha. Caranya: oleskan vaselin, jelly atau minyak zaitun di atas kulit yang dipilih. Kemudian telungkupkan tabung gelas. Dengan tangan kanan, tabung gelas dipegang, sementara tangan kiri meratakan kulit yang mau dilewati gelas. Tangan kiri lalu menekan kulit dengan keras sepanjang daerah yang ditentukan. Lalu tangan kanan menggerakkan tabung gelas ke kiri ke kanan sesuai dengan daerah yang sudah dipilih tangan kiri tadi. Ini dilakukan beberapa kali. Bila kulit sudah memerah, tabung gelas diambil dan diolesi minyak zaitun. Cara ini sangat baik untuk pengobatan penyakit yang disebabkan penyumbatan chi pada aliran darah dan karena nyeri.

4. Metode Mengkombinasikan Akupunktur dengan Bekam

Caranya dengan menusukkan jarum akupunktur pada titik yang dipilih hingga terasa ngilu. Jarum lalu diputar-putar. Lalu, ambillah kapas yang sudah dilumuri alkohol atau spiritus dan sudah dinyalakan. Masukkan ke dalam gelas atau tabung. Lalu secara cepat diambil kembali kapas yang menyala tadi dan segera telungkupkan gelas tersebut ke permukaan kulit. Cara ini sangat baik dipakai untuk pengobatan apabila titik-titiknya berada di otot bagian dalam. Sebab, jarum tadi bisa menjangkau sampai bagian dalam.

5. Metode Pengeluaran Darah

Setelah tabung terpasang pada kulit, dapat dilanjutkan dengan mengeluarkan darah. Pengeluaran darah ini dipakai apabila terjadi sumbatan (stagnasi) chi dan darah, adanya memar, dan gigitan serangga. Inilah yang disebut hijamah damamiyah atau hijamah rathbah (bekam basah).

===

Maraji'/ sumber:
Buku: Sembuh dengan Satu Titik, Penulis: dr. Wadda' A. Umar, Editor: Effendy Abu Ahmad, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan XIV, Nopember 2012 M/ Muharram 1434 H.

===

JUAL ATAP BAJA RINGAN
Anda membutuhkan pen jual atap baja ringan? Kami siap membantu Anda. Layanan GRATIS konsultasi, estimasi biaya, dan survei lokasi.
http://www.bajaringantangerang.com

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog