Skip to main content

Adabul Mufrad (139)

Al-Adab al-Mufrad

Adabul Mufrad

Kitab Anak Yatim

77. Bab: Jadilah sebagai ayah yang penyayang bagi anak yatim.

139. Hamzah bin Nujaih berkata, "Aku mendengar Hasan berkata, 'Aku telah hidup bersama kaum muslimin (di masa shahabat atau tabi'in), sesungguhnya seorang pria di antara mereka berada di pagi hari sambil berkata, 'Wahai keluargaku, wahai keluargaku, bantulah orang-orang miskin kalian, bantulah orang-orang miskin kalian, wahai keluargaku, wahai keluargaku, perhatikanlah anak yatim kalian, perhatikanlah anak yatim kalian, wahai keluargaku, wahai keluargaku, perhatikanlah tetangga kalian, perhatikanlah tetangga kalian. Telah cepat zaman mematikan orang-orang terbaik di antara kalian dan kalian setiap hari makin menjadi hina.' Aku juga mendengarnya berkata, 'Kamu akan melihatnya dalam keadaan fasiq. Dia terjun ke Neraka untuk mendapatkan 30 ribu dinar/ dirham. Mengapa Allah memeranginya? Karena dia menjual bagiannya dari Allah dengan harga yang murah (19). Kamu akan melihatnya tersesat, berubah ke jalan syaithan, tidak ada yang menasehatinya, dari dirinya maupun dari orang lain.''"

* Isnadnya dha'if

===

(19) Artinya bagiannya yang berupa Surga yang akan dia dapatkan jika dia berbuat baik ditukar olehnya dengan melakukan perbuatan maksiat untuk mencari dunia yang nilainya murah dibanding dengan Surga Allah.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Adabul Mufrad, Penulis: Imam al-Bukhari rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Penerjemah: Muhammad Khalid Abri, Penerbit: Syiar Semesta, Surabaya - Indonesia, Cetakan I, Mei 2004 M.

===

BAJA RINGAN TANGERANG
Anda membutuhkan baja ringan Tangerang? Kami siap membantu Anda. Layanan GRATIS konsultasi, estimasi biaya, dan survei lokasi.
http://www.bajaringantangerang.com

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog