Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Al-Baqarah, Ayat 40-41 (2)

Al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Al-Baqarah, Ayat 40-41 (2)

Israil Adalah Laqab (Sebutan) Ya'qub 'alaihis salaam

Dengan demikian, yang dimaksud dengan Israil adalah Ya'qub 'alaihis salaam. Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud ath-Thayalisi, dari 'Abdullah bin 'Abbas (ra-dhiyallaahu 'anhuma), ia berkata: "Sekelompok orang yahudi datang ke hadapan Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam. Beliau bertanya kepada mereka: "Apakah kalian mengetahui bahwa Israil itu adalah Ya'qub?" Mereka menjawab: "Demi Allah, ya." Maka Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Ya Allah, saksikanlah." (166)

Dan ath-Thabari meriwayatkan dari Ibnu 'Abbas (ra-dhiyallaahu 'anhuma), bahwa penyebutan Israil (di waktu itu) seperti penyebutan 'Abdullah' (kepada orang lain di zaman sekarang). (167)

===

(166) Abu Dawud ath-Thayalisi (no. 356). [Diriwayatkan juga oleh Imam Ahmad dalam hadits yang panjang (1/278). Dihasankan oleh Syaikh al-Arna'uth hafizhahullaah dalam al-Musnad (no. 2514) cet. Ar-Risalah].

(167) Tafsiir ath-Thabari (1/553).

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Edit Isi: Abu Ahsan Sirojuddin Hasan Bashri Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Cetakan Keempat Belas, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

ATAP BAJA RINGAN TERBAIK
Anda membutuhkan atap baja ringan terbaik di Tangerang? Kami siap membantu Anda. Layanan GRATIS konsultasi, estimasi biaya, dan survei lokasi.
http://www.bajaringantangerang.com

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog