Skip to main content

Misteri Kematian: Dalil-dalil dari Sunnah tentang Adzab dan Nikmat Kubur

Ar-Riyad an-Naadirah fii Shahiih ad-Daaril Akhirah

Misteri Kematian

Menguak Fenomena Kematian dan Rentetan Peristiwa Dahsyat Menjelang Kiamat

Alam Kubur

Dalil-dalil Adzab dan Nikmat Kubur

Dalil-dalil Sunnah Tentang Siksa dan Nikmat Kubur

Dalil-dalil tentang siksa dan nikmat kubur dari Sunnah adalah dalil mutawatir.

Di antaranya disebutkan dalam kitab Shahihain dari hadits Ibnu 'Abbas ra-dhiyallaahu 'anhuma: Suatu ketika Nabi (shallallaahu 'alaihi wa sallam) melintasi dua makam kemudian beliau bersabda:

"Sungguh keduanya tengah disiksa dan keduanya bukan disiksa karena dosa besar. Salah satunya tidak menjaga diri dari (percikan) kencing, sementara yang lain karena menebar adu domba." Setelah itu beliau (shallallaahu 'alaihi wa sallam) mengambil pelepah basah lalu dibelah dua, beliau tancapkan kedua bilah pelepah itu di setiap kubur. Para shahabat (ra-dhiyallaahu 'anhum) bertanya: "Wahai Rasulullah, kenapa engkau melakukannya?" Beliau (shallallaahu 'alaihi wa sallam) bersabda: "Mudah-mudahan bisa meringankan siksa keduanya selama (pelepah) tidak mengering." (138)

Dalil ijma' tentang siksa dan nikmat kubur:

Setiap muslim berdo'a saat shalat: "Aku berlindung kepada Allah dari siksa Jahannam dan siksa kubur." Andai siksa kubur tidak ada, tentu mereka tidak perlu memohon perlindungan kepada Allah, sebab tidak ada gunanya memohon perlindungan dari sesuatu yang tidak ada. Ini menunjukkan mereka tidak mempercayai adanya siksa kubur. (139)

===

(138) Riwayat al-Bukhari, hadits nomor 218, 1378, dan Muslim, hadits nomor 292.

(139) Syarh al-Wasithiyah, hal. 344-346.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: ar-Riyad an-Naadirah fii Shahiih ad-Daaril Akhirah, Penulis: Syaikh Dr. Ahmad Musthafa Mutawalli, Ta'liq: Syaikh 'Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani, Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun. Judul terjemahan: Seri ke-1 (Serial Trilogi Alam Akhirah) Misteri Kematian, Menguak fenomena kematian dan rentetan peristiwa dahsyat menjelang Kiamat, Penerjemah: Umar Mujtahid Lc, Penerbit: Darul Ilmi Publishing, CV Darul Ilmi, Bogor - Indonesia, Cetakan Kedua, Rabiul Akhir 1434 H/ Februari 2013 M.

===

ATAP BAJA RINGAN MURAH
Anda membutuhkan atap baja ringan murah? Layanan Gratis konsultasi, estimasi biaya, dan survei lokasi.
http://www.bajaringantangerang.com

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog