Skip to main content

Sembuh dengan Satu Titik: Bekas Luka Bekam dan Gambaran Penyakitnya

Sembuh dengan Satu Titik

Bagian Pertama

Sekilas Tentang Bekam

Bekas Luka Bekam dan Gambaran Penyakitnya

Berbagai faktor penyakit dan patogen dari luar tubuh dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui pori-pori tubuh yang mengakibatkan kerusakan dan kekacauan energi chi dan darah. Patogen ini akan berpindah dan berkembang dari luar tubuh ke dalam tubuh, dan dari permukaan kulit menuju ke bagian dalam tubuh. Ketika patogen ini masuk ke dalam dan menyebabkan gangguan pada organ dalam tubuh, maka patogen dan penyakit juga akan bergerak dari dalam organ tubuh ke luar melalui jalur-jalur meridian dan habl-habl, sehingga kelainan organ dalam tadi bisa dimanifestasikan di permukaan kulit sesuai dengan meridian dari organ yang bersangkutan. Jadi, setiap kelainan organ dapat dilihat gambaran kelainannya di permukaan kulit.

Perubahan fungsi tubuh seperti yin, hipo, atau kelemahan dan yang, hiper, atau berlebihnya fungsi tubuh, dapat didiagnosa dan diketahui mengikuti perubahan reaksi warna dari gambaran bekas gelas bekam pada kulit. Sehingga, perubahan yang tidak normal dari organ-organ dalam dapat dinilai dari perubahan kulit. Dengan demikian, setiap kelainan dan penyakit orgaan dalam tubuh dapat didiagnosa melalui tanda-tanda dan gejala yang muncul pada daerah yang dibekam.

Beberapa gambaran kulit bekas bekam dan penyakitnya:

1. Gambaran bekas cetakan gelas pada kulit yang berwarna ungu tua dan warna hitam menandakan menurunnya aliran darah dan tidak lancarnya peredaran darah yang disertai "sumbatan" darah.

2. Warna ungu yang disertai plak pada bekas cetakan gelas di kulit sebagian besar menandakan jendalan dan "sumbatan" darah.

3. Warna ungu berbintik-bintik menandakan tersumbatnya chi dan darah.

4. Warna merah terang menunjukkan terjadinya kekurangan yin dan penurunan chi dan darah serta kehilangan panas tubuh karena defisiensi yin.

5. Warna merah tua dan gelap menandakan adanya lemak darah yang tinggi yang berhubungan dengan serangan patogen panas.

6. Warna putih pucat dan tidak panas waktu disentuh sebagian besar menandakan defisiensi (kekurangan) dingin dan serangan patogen basah.

7. Adanya garis pada permukaan cetakan, atau tipis menandakan patogenik angin dan patogenik lembab atau basah.

8. Adanya embun di dalam gelas menunjukkan adanya patogen lembab di tempat itu.

9. Adanya lepuhan menandakan tubuh terserang patogen basah.

10. Adanya darah tipis pada lepuhan, merupakan reaksi racun panas basah.

Untuk bisa mendiagnosa penyakit melalui bekas luka bekam diperlukan pengalaman dan latihan yang intensif.

===

Maraji'/ sumber:
Buku: Sembuh dengan Satu Titik, Penulis: dr. Wadda' A. Umar, Editor: Effendy Abu Ahmad, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan XIV, Nopember 2012 M/ Muharram 1434 H.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog