Skip to main content

Ringkasan Shohih Bukhori (49)

Mukhtashor Shohih al-Imam al-Bukhori

Ringkasan Shohih Bukhori

Kitaabul ilmi

3. Kitab Ilmu

7. Bab: Qiro'ah (membaca) dan Ardh (menalarkan) kepada Ahli Hadits


49. Dari Anas bin Malik (rodhiyaLLOOHU 'anhu), ia berkata, "Ketika kami sedang duduk bersama Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam di dalam Masjid, masuklah seorang laki-laki dengan mengendarai unta lalu menghentikan untanya di Masjid dan mengikatnya. Kemudian ia berkata kepada mereka yang ada, 'Siapakah di antara kalian yang bernama Muhammad?' Saat itu Nabi ShollaLLOOHU 'alayhi wa sallam sedang bersandar di antara mereka, maka kami berkata, 'Laki-laki putih yang sedang bersandar.' Lalu orang itu berkata kepada Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, 'Anak 'Abdul Mutholib?' Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda kepadanya, 'Aku telah mendengarmu.' Laki-laki itu berkata kepada Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, 'Aku akan bertanya kepadamu, yang mungkin pertanyaanku ini agak sukar bagimu, maka janganlah engkau gusar!' Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda, 'Tanyakan apa yang ada pada dirimu.' Orang itu berkata, 'Aku bertanya dengan nama ROBB-mu dan ROBB orang-orang sebelummu, apakah ALLOH yang mengutusmu kepada semua manusia?' Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda, 'Ya, benar.' Orang itu berkata lagi, 'Aku ungkapkan kepadamu karena ALLOH. Apakah ALLOH memerintahkanmu untuk menegakkan sholat lima waktu sehari semalam?' Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda, 'Ya, benar.' Orang itu berkata lagi, 'Aku ungkapkan kepadamu karena ALLOH, apakah ALLOH memerintahkanmu untuk berpuasa pada bulan ini {Romadhon} setiap tahun?' Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda, 'Ya, benar.' Orang itu berkata lagi, 'Aku ungkapkan kepadamu karena ALLOH, apakah ALLOH memerintahkanmu untuk mengambil shodaqoh dari orang-orang kaya dan membagikannya kepada orang-orang miskin?' Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda, 'Ya, benar.' Orang itu berkata, 'Aku beriman kepada apa yang engkau bawa, dan aku adalah seorang utusan dari kaumku. Aku adalah Dhimam bin Tsa'labah, saudara bani Sa'ad bin Bakr."

===

Maroji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashor Shohih al-Imam al-Bukhori, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rohimahullooh, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shohih Bukhori Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Disalin pertama kali pada 23 April 2014 pk. 23.46 WIB, dan diperbaiki pada hari ini.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog