Skip to main content

Ringkasan Shohih Bukhori (30)

Mukhtashor Shohih al-Imam al-Bukhori

Ringkasan Shohih Bukhori

Kitaabul iimaani

2. Kitab Iman

30. Bab: Sholat adalah Bagian dari Iman

Firman ALLOH, "...dan ALLOH tidak akan menyia-nyiakan imanmu." {Qur-an Suroh al-Baqoroh (2): 143} maksudnya adalah sholatmu di Baitulloh.

30. Dari al-Baro' bin 'Azib (RodhiyaLLOOHU 'Anhu), bahwa pertama kali Nabi ShollaLLOOHU 'Alayhi Wa sallam datang ke Madinah, Beliau bertempat tinggal di rumah kakek-kakeknya, atau al Baro' mengatakan, paman-pamannya dari golongan Anshor. Ketika itu Beliau sholat menghadap ke Baitul Maqdis selama lebih kurang enam belas atau tujuh belas bulan. Sebenarnya Beliau lebih suka Baitulloh menjadi kiblatnya (dalam riwayat lain: Beliau lebih suka menghadap ke arah Ka'bah 1/104). Sholat yang pertama kali Beliau laksanakan {dengan menghadap ke Ka'bah} adalah sholat 'Ashor, dan saat itu beberapa orang ikut sholat bersama Beliau. Kemudian salah seorang yang ikut sholat bersama Beliau keluar dan melewati sebuah masjid [milik golongan Anshor yang sedang melaksanakan sholat 'Ashor dengan menghadap Baitul Maqdis], saat itu mereka sedang ruku'. Lantas orang itu berkata, "Demi ALLOH, baru saja aku sholat bersama Rosululloh ShollaLLOOHU 'Alayhi Wa sallam menghadap ke arah Makkah." Maka dengan segera mereka merubah arah dengan menghadap ke Baitulloh [sementara mereka masih dalam keadaan ruku' 8/134s], [sehingga dengan demikian mereka menghadap ke arah Baitulloh]. Orang yahudi mulanya sangat bangga ketika Nabi sholat menghadap Baitul Maqdis, begitu pula Ahli Kitab. Akan tetapi setelah Beliau berubah ke Baitulloh, mereka mencela perubahan itu." [Lalu ALLOH 'Azza wa Jalla menurunkan ayat, "Sungguh KAMI (sering) melihat mukamu menengadah ke langit." (20) {Qur-an Suroh al-Baqoroh (2): Ayat 144} Lalu Beliau pun menghadap ke Ka'bah. Orang-orang yang kurang akal, yakni kaum yahudi, berkata {sebagaimana disebutkan dalam al Qur-an}, "Apakah yang memalingkan mereka (ummat Islam) dari kiblatnya (Baitul Maqdis) yang dahulu mereka telah berkiblat kepadanya?' Katakanlah, 'Kepunyaan ALLOH lah Timur dan Barat; DIA memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-NYA ke jalan yang lurus'." {Qur-an Suroh al-Baqoroh (2): Ayat 142} [Adapun orang yang 5/151] Selanjutnya al-Baro' menyebutkan dalam hadits ini, "Banyak orang yang telah meninggal di masa kiblat masih ke Baitul Maqdis, dan banyak juga yang terbunuh setelah kiblat menghadap ke Baitulloh. Kami tidak mengerti bagaimana hukum sholat itu." Lalu turunlah ayat, "ALLOH tidak akan menyia-nyiakan imanmu." {Qur-an Suroh al-Baqoroh (2): Ayat 143} ["Sesungguhnya ALLOH Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia."]

===

(20) Maksudnya ialah, Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam sering melihat ke langit dan menunggu turunnya wahyu yang memerintahkan Beliau menghadap ke Baitulloh.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Disalin pertama kali pada 5 Februari 2014 pk. 00.30 WIB, dan diperbaiki pada hari ini.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog