Skip to main content

Ringkasan Shohih Bukhori (37)

Mukhtashor Shohih al-Imam al-Bukhori

Ringkasan Shohih Bukhori

Kitaabul iimaani

2. Kitab Iman

36. Bab: Takutnya Seorang Mukmin akan Kehilangan Amalnya Tanpa Disadari

10.(23) Ibrohim at-Taimi berkata, "Perkataanku tidak pernah bertentangan dengan perbuatanku, karena aku takut menjadi seorang pembohong."

11.(24) Ibnu Abi Mulaikah berkata, "Aku pernah bertemu dengan tiga puluh orang shahabat Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam yang takut akan kemunafikan padaa dirinyaa. Tidak ada seorang pun di antara mereka yang mengatakan bahwa iman mereka setara dengan iman Jibril dan Mikail."

12.(25) Disebutkan dari al-Hasan, "Tidak ada seorang pun yang takut terhadapnya (kemunafikan) kecuali ia seorang yang beriman, dan tidak ada seorang pun yang merasa aman terhadapnya (kemunafikan) kecuali ia pasti seorang munafik." (26) Diperingatkan akan perbuatan saling memusuhi berdasarkan firman ALLOH, "Dan mereka tidak meneruskan perbuatan keji itu sedang mereka mengetahui." {Qur-an Suroh Aali 'Imroon (3): Ayat 135}

37. Dari Zubaid, berkata, "Aku bertanya kepada Abu Wa'il tentang Murji'ah."(27) Ia menjawab, "Abdulloh menceritakan kepadaku, bahwa Nabi ShollaLLOOHU 'Alayhi Wa sallam bersabda, 'Memaki orang muslim adalah kefasikan dan membunuhnya adalah kekufuran'."

===

(23) Diriwayatkan secara maushul oleh pengarang dalam kitaab at-Tarikh dan Ahmad dalam az-Zuhd dengan sanad shohih darinya.

(24) Diriwayatkan secara maushul oleh Ibnu Abi Khoitsamah dalam kitab Tarikh milikny tapi tidak menyebutkan jumlahnya. Demikian juga Ibnu Nashr dalam kitabnya al-Iman dan Abu Zar'ah ad-Dimasyqi dalam kitab Tarikh miliknya dari jalur lain darinya sebagaimana dalam riwayt tersebut.

(25) Disebutkan secara maushul oleh Ja'far al-Faryabi dalam kitab Shifatul Munafiq dari beberapa jalur yang berbeda, dan hal ini mendukung keshohihan riwayat ini darinya, lalu kenapa pengarang menuliskan "Disebutkan" yang mengisyaratkan bahwa riwayat ini lemah? Hal ini dijawab oleh al-Hafizh, bahwa ini merupakan penyampaian ringkas, yakni pengarang tidak mengkhususkan ungkapan yang tersirat lemah itu untuk menunjukkan kelemahan, tapi untuk mengungkapkan matannya dengan ungkapan maknanya atau ringkasan yang disimpulkannya. Dengan demikian aku mengerti akan pentingnya hal itu.

(26) Yakni nifaq 'amali (kemunafikan dalam perbuatan).

(27) Yaitu salah satu golongan sesat yang mengatakan bahwa kemaksiatan itu tidak merusak iman.

===

Maroji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashor Shohih al-Imam al-Bukhori, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rohimahullooh, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shohih Bukhori Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Disalin pertama kali pada 7 Februari 2014 pk. 00.00 WIB, dan diperbaiki pada hari ini.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog