Skip to main content

Ringkasan Shohih Bukhori (43)


Mukhtashor Shohih al-Imam al-Bukhori

Ringkasan Shohih Bukhori

Kitaabul ilmi

3. Kitab Ilmu

4. Bab: Perkataan Ahli Hadits (hadda-tsana, anba-ana, akhbarana)

43. Al-Humaidi (35) berkata, "Ibnu Uyainah menyamakan arti hadda-tsanaa, akhbaronaa, dan anba-anaa."

13.(36) Ibnu Mas'ud (ro-dhiyaLLOOHU 'anhu) berkata, "Rosululloh (shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam) menceritakan kepada kami, Beliau adalah orang yang jujur lagi dipercaya."

14.(37) Syaqiq berkata, "Dari 'Abdulloh (ro-dhiyaLLOOHU 'anhu), aku mendengar Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam satu kalimat."

15.(38) Hudzaifah (ro-dhiyaLLOOHU 'anhu) berkata, "Rosululloh (shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam) menceritakan kepada kami dua ucapan."

16.(39) Abu al-'Aliyah berkata, "Dari Ibnu 'Abbas (ro-dhiyaLLOOHU 'anhuma), dari Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam, tentang apa yang diriwayatkan dari ROBBnya (ALLOH) 'Azza wa Jalla."

17.(40) Anas (ro-dhiyaLLOOHU 'anhu) berkata, "Dari Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam yang diriwayatkannya dari ROBBnya (ALLOH) 'Azza wa Jalla."

18.(41) Abu Huroiroh (ro-dhiyaLLOOHU 'anhu) berkata, "Dari Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam yang diriwayatkan dari ROBB kalian 'Azza wa Jalla."

(Haditsnya adalah hadits Ibnu 'Umar (ro-dhiyaLLOOHU 'anhuma), yang akan disebutkan pada kitab ke 65 bab 2).

===

(35) Dalam riwayat Karimah dan al-Ashili disebutkan, "al-Humaidi berkata kepada kami." Demikian pula yang disebutkan oleh Abu Nu'aim dalam kitab al-Mustakhroj sebagai riwayat yang bersambung (muttashil).

(36) Ini adalah bagian dari hadits yang masyhur tentang penciptaan janin. Akan disebutkan secara maushul pada kitab ke 60 bab 2.

(37) Disebutkan secara maushul oleh pengarang dalam kitab al-Jana'iz 2/69 dan at-Tafsir 5/153, tapi tidak ada pernyataan mendengarnya 'Abdulloh -yakni Ibnu Mas'ud- ini berbeda dengan yang diisyaratkan oleh al-Hafizh Ibnu Hajar dalam hal ini. Imam Muslim menyambungkan riwayat ini dengan menyertakan kalimat "mendengar" dalam kitab al-Iman pada riwayat tersebut. Hadits ini akan disebutkan pada kitab ke 22 bab 1.

(38) Ini adalah bagian dari hadits yang disambungkan oleh pengarang pada kitab ke 81 bab 34.

(39) Ini adalah bagian dari hadits yang disebutkan secara bersambung oleh pengarang pada kitab ke 60 bab 25.

(40) Disebutkan bersambung oleh pengarang pada kitab ke 97 bab 50.

(41) Disambingkan oleh pengarang pada kitab ke 30 bab 9.

===

Maroji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashor Shohih al-Imam al-Bukhori, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rohimahullooh, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shohih Bukhori Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Disalin pertama kali pada 19 Februari 2014 pk. 22.40 WIB, dan diperbaiki pada hari ini.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog