Skip to main content

Ringkasan Shohih Bukhori (40)


Mukhtashor Shohih al-Imam al-Bukhori

Ringkasan Shohih Bukhori

Kitaabul iimaani

2. Kitab Iman

42. Bab: 12.(34) Sabda Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam, "Agama adalah keikhlasan bagi ALLOH, Rosul-NYA, para pemimpin kaum muslimin, serta kaum awamnya." Firman ALLOH, "Apabila mereka berlaku ikhlas kepada ALLOH dan Rosul-NYA."

40. Dari Jarir bin 'Abdillah (rodhiyaLLOOHU 'anhu), ia berkata, "Aku berbaiat kepada Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam [dengan bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah (dengan benar) selain ALLOH dan bahwa Muhammad adalah utusan ALLOH, dan 3/27] untuk menegakkan sholat, membayar zakat [patuh dan taat, maka tirulah aku semampumu 8/122] serta berlaku jujur terhadap setiap muslim."

(Dari jalur lain disebutkan, dari Ziyad bin Ilaqoh, ia berkata, "Aku mendengar Jarir bin 'Abdillah berbicara pada hari meninggalnya al-Mughiroh bin Syu'bah. Ia berdiri lalu memuji ALLOH, selanjutnya ia berkata, 'Hendaklah kalian semua bertaqwa kepada ALLOH, yang tidak ada sekutu bagi-NYA, bersabar dan tenang hingga datang gubernur yang baru. Sesungguhnya ia akan datang kepada kalian sekarang juga.' Setelah itu ia melanjutkan. 'Berilah maaf kepada pemimpin kalian ini (al-Mughiroh), karena sesungguhnya ia seorang yang pemaaf.' Kemudian ia melanjutkan, 'Sesungguhnya aku pernah datang kepada Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam dan berkata, "Aku berbaiat kepadamu akan melaksanakan segala perintah Islam".' Lalu Beliau memberikan syarat kepadaku, yaitu memberi nasihat kepada setiap muslim. Lalu aku berjanji kepada Beliau untuk memenuhi itu. Demi ROBB masjid ini, sesungguhnya aku adalah pemberi nasihat kepada kalian semua." Kemudian ia memohon ampun kepada ALLOH lalu turun dari mimbar.)

===

(34) Diriwayatkan Muslim dan lainnya dari hadits Tamim ad-Dari (ro-dhiyaLLOOHU 'anhu). Diriwayatkan pula dalam kitab Takhrij al-Halal 328 dan Irwa'ul Gholil 25.

===

Maroji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashor Shohih al-Imam al-Bukhori, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rohimahullooh, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shohih Bukhori Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Disalin pertama kali pada 17 Februari 2014 pk. 22.11 WIB, dan diperbaiki pada hari ini.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog