Skip to main content

Ringkasan Shohih Bukhori: Bab Pertanyaan Jibril kepada Nabi tentang Iman, Islam, Ihsan, Hari Akhir, dan Penjelasan Nabi kepadanya, Kemudian Rosululloh Bersabda

Mukhtashor Shohih al-Imam al-Bukhori

Ringkasan Shohih Bukhori

Kitaabul iimaani

2. Kitab Iman

37. Bab: 8.(28) Pertanyaan Jibril kepada Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam tentang Iman, Islam, Ihsan, Hari Akhir, dan Penjelasan Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam kepadanya, Kemudian Rosululloh (shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam) Bersabda,

"Jibril 'alayhis salaam datang untuk mengajarkan kepada kalian tentang agama kalian." Nabi (shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam menganggap itu semua adalah agama.

9.(29) Semua yang beliau jelaskan kepada utusan 'Abdul Qois adalah bagian iman dan firman ALLOH, "Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya." {Qur-an Suroh Aali 'Imroon (3): 85}

(Hadits Jibril dalam bab ini, adalah dari hadits Abu Huroiroh (rodhiyaLLOOHU 'anhu), yang akan disebutkan pada kitab ke 65 bab 2).

Abu 'Abdillah berkata, "Semua itu beliau jadikan sebagai bagian dari iman."

===

(28) Ini adalah bagian dari hadits Abu Huroiroh (rodhiyaLLOOHU 'anhu) yang disebutkan pengarang dalam bab ini. Adapun pada kitab 65 (tentang tafsir) lafazhnya lebih lengkap. Lihat pada kitab ke 36 bab 3. Disebutkan secara maushul pula oleh Muslim dan lainnya dari hadits Ibnu 'Umar (rodhiyaLLOOHU 'anhuma).

(29) Mengisyaratkan pada hadits Ibnu 'Umar (rodhiyaLLOOHU 'anhuma) berikut, yang disebutkan secara bersambung setelah dua bab berikut.

===

Maroji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashor Shohih al-Imam al-Bukhori, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rohimahullooh, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shohih Bukhori Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog