Skip to main content

Ringkasan Shohih Bukhori (20)

Mukhtashor Shohih al-Imam al-Bukhori

Ringkasan Shohih Bukhori

Kitaabul iimaani

2. Kitab Iman

17. Bab: Orang yang Mengatakan, bahwa Iman adalah Perbuatan

Ini berdasarkan firman ALLOH Ta'ala, "Dan itulah Surga yang diwariskan kepadamu disebabkan amal-amal yang dahulu kamu kerjakan." {Qur-an Suroh az-Zukhruf (43): 72}

8.(15) Beberapa 'ulama mengatakan, bahwa firman ALLOH, "Maka demi TUHAN-mu, KAMI pasti akan menanyai mereka semua tentang apa yang telah mereka kerjakan dahulu." {Qur-an Suroh al-Hijr (15): 92-93}. Maksudnya adalah kalimat, "Laa ilaaha illaLLOOH" {Tidak ada Tuhan yang berhak disembah (dengan benar) selain ALLOH, dan ALLOH pun telah berfirman, "Untuk kemenangan serupa ini hendaklah berusaha orang-orang yang bekerja." {Qur-an Suroh ash-Shoffaat (37): 61}

20. Dari Abu Huroiroh RodhiyaLLOOHU 'Anhu, bahwa Rosululloh ShollaLLOOHU 'Alayhi Wa sallam ditanya, "Apakah 'amal (perbuatan) yang paling utama?" Beliau menjawab, "Percaya kepada ALLOH dan Rosul-NYA." Beliau ditanya lagi, "Lalu apa lagi?" Beliau menjawab, "Jihad di jalan ALLOH." Beliau ditanya lagi, "Sesudah itu apa lagi?" Beliau menjawab, "Hajji mabrur."

===

(15) Al-Hafizh berkata, "Di antara mereka adalah Anas (ro-dhiyaLLOOHU 'anhu), demikian yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dan lainnya." Dalam sanadnya ada yang lemah. Di antaranya pula Ibnu 'Umar (ro-dhiyaLLOOHU 'anhuma) dalam Tafsir ath-Thobari dan dalam ad-Du'a karya at-Thobroni, Mujahid dalam Tafsir 'Abdurrozzaq dan lain-lainnya.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Disalin pertama kali pada 29 Januari 2014 pk. 23.30 WIB, dan diperbaiki pada hari ini.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog