Skip to main content

Ringkasan Shohih Bukhori (33)

Mukhtashor Shohih al-Imam al-Bukhori

Ringkasan Shohih Bukhori

Kitaabul iimaani

2. Kitab Iman

33. Bab: Bertambah dan Berkurangnya Iman

Firman ALLOH, "Dan KAMI tambahkan kepada mereka petunjuk." {Qur-an Suroh al-Kahfi (18): Ayat 13} "Dan supaya orang-orang yang beriman bertambah imannya." "Pada hari ini telah KU-sempurnakan untukmu agamamu." {Qur-an Suroh al-Maa-idah (5): Ayat 3}. Apabila seseorang melakukan sesuatu secara tidak sempurna, maka berarti imannya telah berkurang.

33. Dari Anas (RodhiyaLLOOHU 'Anhu), dari Nabi ShollaLLOOHU 'Alayhi Wa sallam, Beliau bersabda, "Akan dikeluarkan dari Neraka; Orang yang mengucapkan, 'Laa ilaaHa illaLLOOH' {tidak ada Tuhan yang berhak disembah (dengan benar) selain ALLOH} dan di dalam hatinya terdapat kebaikan." (7.(22) dalam riwayat mu'allaq: dari iman) seberat sya'ir (jemawut). Akan dikeluarkan dari Neraka; Orang yang mengucapkan, 'Laa ilaaHa illaLLOOH' dan dalam hatinya terdapat kebaikan (iman) sebesar burroh (biji gandum). Akan dikeluarkan dari Neraka; Orang yang mengucapkan, 'Laa ilaaHa illaLLOOH' dan dalam hatinya terdapat kebaikan (iman) seberat dzarroh (biji sawi)."

===

(22) Diriwayatkan secara maushul oleh al-Hakim dalam kitab aal-Arba'in yang di dalamnya disebutkan pernyataan Qotadah yang mendapatkan hadits tersebut dari Anas (ro-dhiyaLLOOHU 'anhu). Aku katakan, bahwa riwayat ini disebutkan secara maushul oleh pengarang dari jalur lain dari Anas dalam hadits yang panjang tentang syafaat, yang akan disebutkan pada kitab ke 97 bab 36.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Disalin pertama kali pada 6 Februari 2014 pk. 22.01 WIB, dan diperbaiki pada hari ini.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog