Skip to main content

Ringkasan Shohih Bukhori (22)

Mukhtashor Shohih al-Imam al-Bukhori

Ringkasan Shohih Bukhori

Kitaabul iimaani

2. Kitab Iman

22. Bab: "Dan jika ada dua golongan dari orang-orang mukmin berperang maka damaikanlah antara keduanya." {Qur-an Suroh al-Hujuroot (49): 9} ALLOH Menamakan Mereka Orang-orang Mukmin

22. Dari al-Ahnaf bin Qois berkata, "Aku berangkat [dengan membawa senjataku pada malam keributan 8/92] untuk menolong orang ini. (Dalam riwayat lain disebutkan: anak paman Rosululloh) aku bertemu dengan Abu Bakroh (RodhiyaLLOOHU 'Anhu), dia pun berkata, 'Mau kemana kamu?' Aku jawab, 'Aku akan menolong orang itu.' Ia berkata lagi, 'Kembalilah! Aku pernah mendengar Rosululloh (ShollaLLOOHU 'Alayhi Wa sallam) bersabda, 'Apabila dua orang muslim saling berhadapan {berkelahi} dengan mempergunakan pedang masing-masing, maka si pembunuh dan yang terbunuh akan masuk Neraka.' Lalu aku bertanya, 'Wahai Rosululloh, begitulah untuk yang membunuh, tapi bagaimana dengan yang terbunuh?' Beliau menjawab, 'Karena orang yang terbunuh itu juga tekad untuk membunuh saudaranya.'"

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Disalin pertama kali pada 30 Januari 2014 pk. 10.00 WIB, dan diperbaiki pada hari ini.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog