Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari: Bab Mengetahui Sebelum Berkata dan Berbuat, Berdasarkan Firman Allah, "Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah." {QS. 47: 19}

Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari

Ringkasan Shahih Bukhari

Kitaabul ilmi

3. Kitab Ilmu



11. Bab: Mengetahui Sebelum Berkata dan Berbuat, Berdasarkan Firman Allah, "Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah." {QS. Muhammad (47): 19}

22.(51) Sesungguhnya para 'ulama adalah pewaris para Nabi. Mereka telah mewariskan 'ilmu, dan barangsiapa mengambilnya maka ia telah memperoleh bagian {keuntungan} yang banyak {berharga}.

23.(52) Barangsiapa yang menempuh jalan untuk menuntut 'ilmu {agama}, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke Surga.

Allah berfirman, "Sesungguhnya orang yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah 'ulama." {QS. Faathir (35): 28} "Dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu." {QS. Al-Ankabuut (29): 43} "Dan mereka berkata, 'Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu) niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni Neraka yang menyala-nyala.'" {QS. Al-Mulk (67): 10} "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" {QS. Az-Zumar (39): 9}

24.(53) Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda, "Barangsiapa yang Allah menghendaki padanya kebaikan, maka niscaya Dia akan menjadikannya faham tentang agama."

25.(54) "Sesungguhnya 'ilmu itu diperoleh dengan belajar."

20.(55) Abu Dzar (ra-dhiyallaahu 'anhu) berkata, "Seandainya kalian meletakkan pedang di sini -ia menunjuk ke arah tengkuknya- kemudian aku berpikir bahwa aku masih sempat menyampaikan kalimat yang telah aku dengar dari Rasulullah (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) sebelum kalian melaksanakannya {memenggal leherku}, niscaya aku akan melakukannya {menyampaikannya}."

21.(56) Ibnu 'Abbas (ra-dhiyallaahu 'anhuma) berkata, "Firman Allah, 'Jadilah kamu sekalian rabbaniyyin,' maksudnya adalah para 'ulama dan fuqaha." Ada pula yang berpendapat bahwa "Rabbani" adalah orang yang mendidik manusia dengan 'ilmu yang kecil-kecil {yang ringan-ringan} sebelum mengajarkan yang besar-besar {yang berat-berat}.

===

(51) Ini adalah bagian dari hadits yang dikeluarkan oleh Abu Dawud dan lainnya dari Abu ad-Darda' (ra-dhiyallaahu 'anhu) secara marfu'. Ada riwayat-riwayat lain yang menguatkan riwayat ini, karena itu riwayat ini menjadi lebih kuat, demikian sebagaimana dikatakan al-Hafizh. Riwayat ini dikeluarkan dalam at-Ta'liq ar-Raghib 1/53.

(52) Ini juga merupakan bagian dari hadits itu, dan ini adalah kalimat darinya yang dikeluarkan oleh Muslim dalam kitab Shahihnya dari hadits Abu Hurairah (ra-dhiyallaahu 'anhu). Dikeluarkan pula oleh Abu Khaitsamah dalam al-'Ilm 25 dengan tahqiq dariku.

(53) Disebutkan secara maushul oleh pengarang dari hadits Mu'awiyah (ra-dhiyallaahu 'anhu) setelah dua bab.

(54) Ini adalah bagian dari hadits yang diriwayatkan oleh Abu Khaitsamah 114 dengan sanad shahih dari Abu ad-Darda' (ra-dhiyallaahu 'anhu) secara mauquf. Diriwayatkan pula oleh lainnya secara marfu'. Ada riwayat lain yang menguatkannya, yaitu hadits Mu'awiyah (ra-dhiyallaahu 'anhu), dan aku telah mengeluarkannya dalam al-Ahadits ash-Shahihah 342.

(55) Disebutkan secara maushul oleh ad-Darimi dan Abu Nu'aim dalam kitab al-Huliyyah.

(56) Disebutkan secara maushul oleh Ibnu Abi Ashim dengan sanad hasan, dan juga oleh al-Khathib dengan sanad lain yang shahih.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Disalin pertama kali pada 7 Oktober 2015 pk. 17.25 WIB, dan diperbaiki pada hari ini.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog