Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Surat al-Baqarah (21-22)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Surat al-Baqarah (21-22)

Keesaan dan Kekuasaan Allah 'Azza wa Jalla, -pent.

Al-Baqarah, Ayat 21-22

Hai manusia, ibadahilah Rabbmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang sebelummu agar kamu bertakwa. (QS. 2: 21) Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rizki untukmu, karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui. (QS. 2: 22)

Tauhid Uluhiyyah (Keesaan Allah Dalam Hal Ibadah)

Berikutnya Allah Tabaaraka wa Ta'aala menjelaskan keesaan Uluhiyyah-Nya, bahwa Dialah yang menganugerahkan nikmat kepada hamba-hamba-Nya dengan menciptakan mereka dari tidak ada menjadi ada, serta menyempurnakan bagi mereka nikmat lahir maupun batin, Dia menjadikan bagi mereka bumi yang terhampar seperti tikar sehingga dapat ditempati dan dihuni, yang dikokohkan dengan gunung-gunung yang tinggi menjulang, "Dan langit serta pembangunannya," (QS. Asy-Syams: 5) yaitu dijadikan-Nya langit sebagai atap. Sebagaimana Dia berfirman di ayat lain: "Dan Kami jadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang terdapat padanya." (QS. Al-Anbiyaa': 32)

"Dan Dia telah menurunkan air hujan dari langit bagi mereka." Yang dimaksud dengan langit di sini adalah awan yang turun ketika mereka membutuhkan. Lalu Dia mengeluarkan untuk mereka buah-buahan dan tanaman seperti yang mereka saksikan sebagai rizki bagi mereka dan juga ternak mereka. Sebagaimana disebutkan pada banyak tempat di dalam al-Qur-an.

Di antara ayat yang serupa dengan ini adalah firman Allah Sub-haanahu wa Ta'aala:

"Allah-lah yang menjadikan bumi bagimu tempat menetap dan langit sebagai atap, dan membentukmu lalu membaguskan rupamu serta memberi rizki dengan sebagian yang baik-baik. Yang demikian adalah Allah Rabbmu, Mahaagung Allah, Rabb semesta alam." (QS. Al-Mu'-min: 64)

Ayat ini menjelaskan bahwa Dialah Pencipta, Pemberi rizki, Raja alam semesta berikut penghuninya dan yang memberi rizki kepada mereka. Dengan demikian, hanya Dialah yang berhak diibadahi, tidak ada sekutu bagi-Nya. Oleh karena itu, Allah berfirman: "Karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 22)

Dalam kitab Shahiih al-Bukhari dan Shahiih Muslim disebutkan sebuah hadits dari Ibnu Mas'ud ra-dhiyallaahu 'anhu, ia menceritakan:

"Aku pernah bertanya: 'Wahai Rasulullah, dosa apakah yang paling besar di sisi Allah?' Beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: 'Engkau menjadikan tandingan bagi Allah, padahal Dia yang telah menciptakanmu.'" (95) (Dan hadits selanjutnya).

Demikian juga hadits Mu'adz ra-dhiyallaahu 'anhu:

"Tahukah engkau apa hak Allah atas hamba-hamba-Nya? Yaitu mereka beribadah hanya kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun." (96) (Dan hadits selanjutnya).

Dalam hadits lain, Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

"Janganlah salah seorang dari kalian mengatakan: 'Atas kehendak Allah dan kehendak fulan.' Akan tetapi hendaklah ia mengatakan: 'Atas kehendak Allah, kemudian kehendak fulan.'" (97)

Bersambung...

===

(95) Fat-hul Baari 8/350 dan Muslim 1/90. Al-Bukhari no. 4477, Muslim no. 86.

(96) Fat-hul Baari 13/359 dan Muslim 1/59. Al-Bukhari no. 2856, Muslim no. 30.

(97) Ahmad 5/384, 394, 398. Shahih: Dishahihkan oleh Syaikh al-Albani rahimahullaah dalam kitabnya Silsilah ash-Shahiihah no. 137.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti?
Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog