Skip to main content

Sembuh dengan Satu Titik: Antara Bekam, Thibbun Nabawi, dan Kedokteran Modern (7)

Sembuh dengan Satu Titik

Bagian Pertama

Sekilas Tentang Bekam

Antara Bekam, Thibbun Nabawi, dan Kedokteran Modern (7)

Pengobatan alami yang memakai material alam, di antaranya adalah pemakaian bahan makanan yang bermanfaat (taghdiyah an-Naafi'ah). Ada lebih dari 70 buah-buahan dan makanan berkhasiat yang direkomendasikan oleh Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, tidak hanya habbatus sauda', zaitun dan madu saja. Namun, juga yang lainnya seperti: air zamzam, terapi air (air hujan, air dari mata air), buah anggur, bawang, beras, biji sawi, celak mata itsmid, cuka, daging, daging burung, daun seledri, delima, air es, gandum, garam, ikan, inai, jahe, jamur, jeruk, kacang kedelai, kasturi, kurma, labu, susu sapi, mentimun, minyak pohon, buah kelapa, semangka, buah tin, dan lain sebagainya. Metode pengobatan seperti ini sekarang dikenal dengan terapi herbal, terapi buah, atau sebutan lain yang sejenis.

Syifa' merupakan metode pengobatan yang berasal dari mesir kuno. Pengobatan ini menggunakan material alam, baik dari jenis tumbuh-tumbuhan maupun emas, perak, batu-batuan, uap air, air es, pemakaian bahan rempah-rempah, penggunaan bau-bauan, aroma terapi, pemijatan, terapi suara, terapi kerja, terapi dengan olahraga, out bond therapy, tamsid, nakhzu, dan lain-lainnya.

Sedangkan pengobatan adwiya' adalah pengobatan yang menggunakan bahan-bahan alami yang biasanya untuk pembuatan kapsul, puyer, sirop, syarob, thathiir, tharahahu, anbiq, alkuhul, al-qali, buraq, al-iksir, dan lain-lainnya.

Metode pengobatan invasif adalah pengobatan yang memakai alat yang melukai tubuh, atau memasukkan sesuatu ke tubuh tetapi tidak melalui kerongkongan. Yang termasuk pengobatan invasif adalah siyasur yang dikenal dengan operasi pembedahan. Hijamah atau bekam yang merupakan terapi pengeluaran darah melalui penghisapan kulit. Kay yaitu membakar kulit dengan sepotong besi atau sejenisnya yang dipanaskan. Termasuk di sini adalah kay al-wasimy, pengobatan tidak memakai besi yang dibakar, tetapi memakai panasnya saja tanpa melukai tubuh. Kay pernah dilakukan pada zaman Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam. Yakni Sa'ad bin Ubaidah dan Ubay bin Ka'ab ra-dhiyallaahu 'anhuma yang dikay oleh dokter atas izin Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam. Lasah merupakan ilmu ortopedi, yang merupakan teknik pembetulan tulang seperti pemakaian gips, penyangga kaki dan tangan, pemakaian spalk, dan lainnya. Pada zaman Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pengobatan ini dipakai untuk orang-orang yang patah tulangnya karena berperang.

Sedang tadlik adalah pengobatan yang menggunakan nuqaah, infusion, huqnah, injection, insyaq, inhalation, operasi, suntik, jirahy, dan lainnya. Penggunaan obat penghilang sakit atau obat bius juga sudah sejak zaman dulu. Penggunaan obat bius ini disebut terapi tuftah.

Dengan demikian, ternyata jelas bahwa Thibbun Nabawi merupakan suatu pengobatan yang holistik, terpadu, tidak berdiri sendiri. Thibbun Nabawi merupakan satu kesatuan yang harus diamalkan bersama-sama dan menyeluruh, sehingga para Nabi dan shabahat merupakan orang yang sehat tidak pernah (jarang, -ed) sakit. Sebab, mereka mengamalkan semua Thibbun Nabawi tersebut. Tidak sepotong-potong, dengan memilih sebagian dan meninggalkan sebagian Thibbun Nabawi lainnya.

Klasifikasi Thibbun Nabawi

Secara ringkas, Thibbun Nabawi disusun sebagai berikut:

1. Non Invasif (Tidak Melukai) Tubuh

a. Non Material (Ilahiyah)

> Akidah
> Ibadah
> Ruqyah Syar'iyyah
> Do'a dan Dzikir
> Sirah

b. Material Alam (Thabi'iyyah)

> Taghdiyah Nafi'ah
> Urbuz
> Syifa'
> Adwiya'
> Qasd

2. Invasif (Melukai) Tubuh

a. Siyasur
b. Hijamah (Bekam)
c. Kay
d. Lasah
e. Tadlik
f. Wahyi
g. Fasd
h. Tuftah

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Buku: Sembuh dengan Satu Titik, Penulis: dr. Wadda' A. Umar, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan XIV, Nopember 2012 M/ Muharram 1434 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog