Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: Khidir Melarang Masuk Pintu Para Umara

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Bagian II

Sikap dan Perilaku Khidir 'alaihis salaam

Bab 22

Khidir 'alaihis salaam Melarang Masuk Pintu Para Umara

Ibnu Asakir meriwayatkan hadits dalam biografi Abu Zar'ah ar-Razi dengan sanad shahih sampai pada Abu Zar'ah. Ketika masih muda, Abu Zar'ah bertemu dengan seseorang yang mewarnai rambutnya dengan hinaa (daun pacar). Pemuda itu berkata kepadanya, "Janganlah kau memasuki pintu para umara (pejabat pemerintah)." Abu Zar'ah berkata: Kemudian aku bertemu lagi dengannya setelah aku tua, dan dia masih tetap dengan kondisinya semula, lalu dia berkata kepadaku, "Bukankah aku sudah melarangmu untuk memasuki pintu para pejabat?"

Aku menoleh kepadanya, namun aku tidak melihatnya, seakan-akan bumi terbelah dan dia masuk ke dalamnya. Lalu aku anggap dia adalah Khidir. Aku kembali dan tidak pernah lagi mengunjungi pejabat, tidak pula mengetuk pintunya dan tidak pula aku meminta suatu keperluan.

Dalam kitabnya al-Jarh wa Ta'dil, Ibnu Abi Hatim menyebutkan: 'Abdullah bin Bahr dalam kitabnya az-Zuhd pernah menceritakan tentang seseorang yang pernah dilihatnya tapi kemudian menghilang tanpa sepengetahuannya, dan dia menganggap yang dilihat itu adalah Khidir. Dia beranggapan demikian karena Na'im bin Maisarah juga pernah menceritakan tentang seseorang yang dengan cepat menghilang darinya.

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog