Skip to main content

Alam jin menurut al-Qur-an dan as-Sunnah: Catatan kedua puluh sembilan atas buku Dialog dengan jin Muslim

Alam jin menurut al-Qur-an dan as-Sunnah

Bab ketiga

Catatan atas buku Dialog dengan jin Muslim

Catatan kedua puluh sembilan:

Pada halaman 164, jin muslim (sahabat Muhammad Isa Dawud) berkata lagi:

Orang yang berusaha mengusir atau membunuh jin, tidak bisa tidak, haruslah orang yang betul-betul bertakwa kepada Allah, percaya akan pertolongan-Nya, selalu mematuhi ketentuan-Nya, dan selalu dalam keadaan punya wudhu'.

Saya (Ustadz 'Abdul Hakim) berkata: Semua yang disebutkan di atas shahih (benar) (85), kecuali perkataannya yang terakhir, yaitu perkataannya, "Selalu dalam keadaan punya wudhu'," yang akhir ini merupakan sebuah ziyadah (tambahan) dan yang ini tidak shahih.

Di mana Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam mengajarkan harus selalu punya wudhu'? Kalau orang yang mengobati harus orang yang bertaqwa, memang benar. Teristimewa mereka yang mempunyai kewibawaan, sehingga jin gentar menghadapinya. Sebagaimana manusia, apabila ada orang yang punya wibawa berhadapan dengan orang yang kuat, maka orang yang kuat tersebut akan tunduk walaupun dia kuat. Karena orang yang kuat tersebut merasa segan kepada orang yang mempunyai wibawa tersebut. Demikian juga kedudukan manusia yang berwibawa itu di hadapan jin (86). Akan tetapi untuk memberikan tambahan, "Selalu dalam keadaan punya wudhu'," diperlukan dalil. Manakah dalil yang memerintahkannya dan siapa yang memerintahkan demikian? Padahal membaca al-Qur-anul Karim, duduk di masjid, masuk Masjidil Haram, masuk Ka'bah, masuk masjid Nabawi di Madinah dan memegang mushaf al-Qur-an tanpa wudhu' pun diperbolehkan (87). Maka bagaimana dengan hal yang seperti ini, jelaslah bagi kita bahwa ini merupakan suatu ketentuan yang tidak ada dasarnya dalam agama.

Bersambung...

===

(85) Lihat keterangannya dalam kitab 'Alamul jinni wasy syayathin hal. 184 karya Dr. Sulaiman al-Asyqar dan lebih rinci lagi dalam kitab Wiqayatul Insan Minal jinni wasy syaithan hal. 78-79 karya Syaikh Wahid 'Abdus Salam Bali.

(86) Ada beberapa kisah yang dibawakan tentang cerita para imam dahulu dalam mengusir gangguan jin, seperti kisah Imam Ahmad, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dan yang lainnya, untuk lebih lengkapnya lihat dalam kitab 'Alamul jinni wasy syayathin hal. 181-184 karya Dr. Sulaiman al-Asyqar, dalam kitab Wiqayatul Insan minal jinni wasy syaithan hal. 69-71 karya Syaikh Wahid 'Abdus Salam Bali, kitab Thibbun Nabawi hal. 69-70 dan kitab Zaadul Ma'aad keduanya karya Syaikhul Islam Ibnul Qayyim.

(87) Secara luasnya bacalah risalah yang ditulis oleh penulis (Ustadz 'Abdul Hakim) dengan judul Tiga Hukum Perempuan Haidh dan Junub karena di risalah tersebut ada keterangan yang cukup, insya Allahu Ta'ala.

===

Maraji'/ Sumber:
Buku: Alam jin menurut al-Qur-an dan as-Sunnah, bantahan terhadap buku Dialog dengan jin Muslim, Penulis: Ustadz 'Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullaah, Penyusun: Ustadz Ibnu Saini bin Muhammad bin Musa rahimahullaah, Penerbit: Darul Qolam, Jakarta - Indonesia, Cetakan kedua, Tahun 1425 H/ 2004 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog