Skip to main content

Sembuh dengan Satu Titik: Hadits-hadits Tentang Bekam (2)

Sembuh dengan Satu Titik

Bagian Pertama

Sekilas Tentang Bekam

Hadits-hadits Tentang Bekam (2)

Dalam beberapa kitab, banyak diterangkan riwayat-riwayat agar melakukan pengobatan dengan bekam, di antaranya:

1. Dari Sa'id bin Jubair, dari Ibnu 'Abbas (ra-dhiyallaahu 'anhuma), Rasulullah (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) bersabda:

"Kesembuhan itu ada dalam tiga hal. Yaitu minum madu, sayatan dengan alat bekam, dan kay. Namun, aku melarang ummatku melakukan kay." (1)

Dalam hadits lain Nabi (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) mengizinkan Shahabat melakukan kay, seperti pada Sa'ad bin Ubaidah dan Ubay bin Ka'ab (ra-dhiyallaahu 'anhuma).

2. Dalam Sunan Ibni Maajah, dari hadits Jabarah bin Mughallis (seorang perawi dha'if), dari Katsir bin Salim, ia berkata: Aku mendengar Anas bin Malik (ra-dhiyallaahu 'anhu) berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

"Aku tidak berjalan di hadapan sekelompok Malaikat pada malam ketika aku diisra'kan, kecuali mereka berkata: 'Wahai Muhammad, perintahkanlah ummatmu untuk berbekam!'" (2)

Dalam riwayat lain, dari Ibnu 'Abbas ra-dhiyallaahu 'anhuma, Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

"Hendaklah kamu berbekam, wahai Muhammad!" (At-Tirmidzi dalam Jaami'ut Tirmidzii) (3)

3. Shahiih Sunan Abii Dawud, dalam sebuah hadits tentang isra' mi'raj, Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda, "Aku tidak berjalan di hadapan sekelompok Malaikat pada malam ketika aku diisra'kan, kecuali mereka berkata, 'Wahai Muhammad, perintahkanlah ummatmu untuk berbekam!'" (Dalam riwayat lain), "Wahai Muhammad, hendaklah kamu berbekam!"

4. Dalam Shahiihul Bukhaarii dan Muslim, dari Thawus, dari Ibnu 'Abbas ra-dhiyallaahu 'anhuma:

"Bahwasanya Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah bekam, dan memberi imbalan bagi yang membekam." (4)

5. Dari Ashim bin 'Umar bin Qatadah, ia mengabarkan bahwasanya Jabir bin 'Abdillah (ra-dhiyallaahu 'anhu) pernah menjenguk al-Muqni' (ra-dhiyallaahu 'anhu), ia bercerita: Aku tidak sembuh sehingga aku berbekam, karena sesungguhnya aku pernah mendengar bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

"Sesungguhnya di dalamnya terkandung kesembuhan." (5)

Bersambung...

===

(1) Hadits ini secara sempurna diriwayatkan oleh al-Bukhari dalam ath-Thibb 5680 dan 5681 bab 3 asy-Syifaa' fii Tsalaatsin.

(2) Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dalam ath-Thibb 3479 bab 20 al-Hijamah. Dalam bab tersebut tercantum riwayat at-Tirmidzi 2059 dari Shahabat 'Abdullah bin Mas'ud ra-dhiyallaahu 'anhu. Ia berkomentar, "Hadits hasan gharib." Bushairi dalam kitab az-Zawaaid menulis: Al-Hakim meriwayatkan dalam Mustadraknya dari Ibnu 'Abbas ra-dhiyallaahu 'anhuma, ia berkomentar, "Isnadnya shahih." Diriwayatkan juga oleh al-Bazzar dalam Musnadnya dari hadits Ibnu 'Umar ra-dhiyallaahu 'anhuma. Hadits ini diperkuat dengan beberapa syawahidnya. Wallaahu a'lam.

(3) Tercantum dalam kitab ath-Thibb 2060 bab 12 Maa Jaa'a fil Hijaamah.

(4) Diriwayatkan oleh al-Bukhari dalam kitab ath-Thibb 5691.

(5) Diriwayatkan oleh Ahmad 3/335. Al-Bukhari no. 5697 dalam kitab ath-Thibb bab al-Hijaamah minad Da'. Muslim no. 2205 dalam kitab as-Salaam bab Li kulli daa'in Dawaa' was Tihbaabut Tadaawi.

===

Maraji'/ sumber:
Buku: Sembuh dengan Satu Titik, Penulis: dr. Wadda' A. Umar, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan XIV, Nopember 2012 M/ Muharram 1434 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog