Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: Pendapat Ibnu Qayyim al-Jauziyyah tentang Kehidupan Khidir (2)

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Lampiran

Pendapat Ibnu Qayyim al-Jauziyyah tentang Kehidupan Khidir 'alaihis salaam (2)

Adapun dalil menurut akal, ada sepuluh segi:

Pertama, di antaara alasan yang menyebutkan Khidir berumur amat panjang adalah bahwa dia tercipta (anak) dari tulang punggung Adam 'alaihis salaam. Tentu saja ini alasan yang tidak masuk akal, karena dua hal:

a. Umurnya saat ini sekitar 6.000 (enam ribu) tahun (*), sebagaimana yang disebutkan dalam kitab Johanna (ahli sejarah). Hal ini jauh sekali dari kenyataan, dan tidak mungkin terjadi pada manusia.

b. Kalau saja dia terlahir dari tulang punggung Adam, atau turunan keempat dari anak-anaknya, sebagaimana yang mereka sangka, dan dia waktu itu menjadi menteri Dzulqarnain, maka sosok tubuhnya bukanlah seperti sosok tubuh kita sekarang ini, akan tetapi mempunyai perbedaan dalam tinggi dan lebarnya. Dalam kumpulan hadits shahih al-Bukhari - Muslim disebutkan hadits dari Abu Hurairah ra-dhiyallaahu 'anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Allah menciptakan Adam dengan panjang 60 dzira', dan kemudian bentuk tubuh manusia menyusut setelah itu." Sedangkan cerita yang disampaikan oleh orang yang pernah melihat Khidir tidak satu pun melihatnya dengan sosok yang mengagumkan, dan tentunya dia manusia yang paling tua.

Kedua (**), sesungguhnya kalau saja Khidir telah ada sebelum Nabi Nuh 'alaihis salaam, dia pasti juga ikut naik kapal bersamanya, dan tidak seorang pun yang menceritakan kejadian ini.

Ketiga, sungguh para 'ulama telah sepakat bahwa ketika Nuh 'alaihis salaam turun dari kapalnya, seluruh penumpang yang bersamanya banyak yang meninggal, bahkan keturunan mereka pun akhirnya meninggal, dan tidak ada yang tersisa kecuali hanya keturunan Nuh. Dalil atas kejadian ini adalah firman Allah: "Dan Kami jadikan keturunan Nuh yang masih tersisa," dan inilah yang menggugurkan pendapat orang yang berpendapat bahwa Khidir hidup sebelum Nuh.

Keempat, kalaupun benar ada di antara anak-anak Adam yang masih hidup dari sejak dilahirkan hingga akhir zaman, dan kelahirannya sebelum Nuh, sungguh ini adalah suatu kejadian besar dan hal yang paling menakjubkan. Tentunya cerita ini akan diabadikan dalam al-Qur-an, tanpa harus dibuat-buat, karena ini adalah kejadian besar di antara ayat-ayat Rabb. Bukankah Allah juga telah menyebutkan orang yang hidupnya 5950 tahun dan menjadikannya sebagai ayat? Bagaimana mungkin Dia tidak menceritakan orang yang dihidupkan hingga akhir masa?

Karena itulah, sebagian ahli ilmu berkata: Tidak ada yang menebarkan cerita semacam ini di antara manusia kecuali setan.

Kelima, perkataan tentang hidupnya Khidir termasuk suatu perkataan yang ditujukan kepada Allah tanpa 'ilmu (hanya berdasarkan prasangka), padahal itu diharamkan sesuai dengan nash al-Qur-an.

Bersambung...

===

(*) Umur ketika pada masa Ibnu al-Jauzi. Adapun sekarang sudah mencapai 7.000 tahun.

(**) Ibnu al-Qayyim tidak menyebutkan yang kedua. Mungkin beliau memaksudkan poin b dari yang pertama tadi sebagai yang kedua.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog