Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: 'Ulama Dalam Persepsi Khidir

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Bagian II

Sikap dan Perilaku Khidir 'alaihis salaam

Bab 20

'Ulama Dalam Persepsi Khidir 'alaihis salaam

Dari al-Laits bin Khalid Abu Bakar Amr -dan dia termasuk orang yang terpercaya- dia berkata, dari al-Musib Abu Yahya -dia adalah salah seorang shahabat Muqatil bin Hayyan- dia berkata, "Aku ditugaskan mendampingi 'Umar bin 'Abdil 'Aziz, lalu aku melihat seorang pemuda atau orang yang sudah berumur sedang berbicara atau bersandar kepadanya. Kemudian aku tidak melihatnya lagi. Lalu aku bertanya, 'Wahai pemimpin kaum beriman, tadi aku melihat seseorang sedang berbicara kepadamu.' Dia berkata, 'Apakah kau melihatnya?' Aku jawab, 'Ya, aku melihatnya.' Dia berkata, 'Itu adalah Khidir, dia datang kepadaku, memberi dukungan kepadaku dan memberi nasihat kepadaku.'"

Abu 'Abdirrahman as-Salma berkata dalam kitabnya, aku mendengar Muhammad bin 'Abdillah ar-Razi berkata, aku mendengar Bilal al-Khawashi berkata, dulu aku pernah berada di daerah liar bani Israil, lalu aku melihat seorang lelaki mengajakku jalan bersama, aku merasa heran. Kemudian aku merasa bahwa dia adalah Khidir. Lalu aku berkata, "Demi Allah, siapakah engkau tuan?" Dia berkata, "Aku adalah saudaramu, Khidir." Lalu aku berkata, "Apa pendapatmu tentang asy-Syafi'i?" Dia berkata, "Dia termasuk yang kokoh." "Lalu bagaimana Ahmad bin Hambal?" Dia berkata, "Dia adalah orang yang jujur dan dapat dipercaya." Lalu aku berkata lagi, "Ceritakan tentang Basyar Ibnu al-Harits." Dia berkata, "Tidak ada seorang pun yang dapat mengganti dirinya sesudahnya." Aku berkata, "Dengan cara apakah agar aku dapat melihatmu?" Dia berkata, "Dengan cara berbuat baik kepada ibumu."

Dalam kitabnya al-Hilyah Abu Na'im berkata, kami dapatkan hadits dari Dhafir bin Shalih bin Darij, Bilal al-Khawashi berkata: Aku bermimpi bertemu Khidir. Aku bertanya kepadanya, "Apa pendapatmu tentang Basyar?" Dia berkata, "Tidak ada orang yang dapat menggantikan dirinya sesudahnya." "Apa pendapatmu tentang Ahmad?" Dia berkata, "Ahmad adalah orang yang jujur dan terpercaya." (1)

Abu Hasan bin Jahdham berkata, kami dapatkan hadits dari Muhammad bin Dawud, dia berkata, kami dapat hadits dari Muhammad bin ash-Shalt, dari Basyar bin Harits al-Hafi (2), dia berkata: Dulu aku memiliki kamar khusus, dan aku selalu mengunci kamar itu jika sedang bepergian. Kuncinya aku pegang. Ketika aku datang pada suatu hari, membuka pintu kamar itu dan masuk, aku melihat seseorang sedang shalat, lalu dia menoleh kepadaku. Dia berkata, "Wahai Basyar, janganlah kaget, aku adalah saudaramu Abu 'Abbas al-Khidir." Basyar berkata, aku berkata kepadanya, "Ajarkanlah sesuatu!" Dia berkata, "Ucapkanlah Astaghfirullaah min kulli sababin tuhtu minhu (Aku meminta ampun kepada Allah dari setiap sebab yang membuatku taubat kepada-Nya)." Kemudian aku mengulangi ucapannya dan berkata, "Aku minta maaf dan pengampunan Allah dari segala janji yang telah kubuat sendiri untuk diriku, lalu aku merusaknya dan tidak menepatinya."

Bersambung...

===

(1) Al-Hilyah 9/187.

(2) Dia adalah Basyar bin Harits bin 'Abdirrahman, Abu Nashr al-Hafi, seorang zuhud (sederhana) yang terkenal. Dia juga terpercaya dan menjadi panutan. Termasuk salah seorang dari thabaqat kesepuluh. Meninggal tahun 227 H. Lihat: at-Taqrib 1/98, al-Hilyah 8/336, Shifatu Shafwah 2/325.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog