Skip to main content

Sembuh dengan Satu Titik: Hadits-hadits yang Berkaitan dengan Waktu yang Baik untuk Bekam (2)

Sembuh dengan Satu Titik

Bagian Pertama

Sekilas Tentang Bekam

Hadits-hadits yang Berkaitan dengan Waktu yang Baik untuk Bekam (2)

8. Dalam kitab Jaami'ah dikatakan bahwa dilarang melakukan bekam pada hari Rabu dan Sabtu.

9. Dalam Jaami'ah, dari Husain bin Hasan, ia bertanya kepada Abu 'Abdillah tentang bekam, "Hari-hari apa saja yang tidak disukai untuk melakukan bekam?" Maka ia menjawab, "Hari Sabtu dan Rabu." (Sebagian besar 'ulama berpendapat), "Juga hari Jum'at." (20)

10. Dari Abu Salamah dan Abu Sa'id al-Maqbari, dari Abu Hurairah ra-dhiyallaahu 'anhu, "Barangsiapa melakukan bekam pada hari Rabu atau Sabtu, dan ia terkena keputihan pada kulitnya, atau belang pada kulit, maka janganlah menyalahkan siapa-siapa kecuali dirinya sendiri (bila tidak sembuh)." (21)

11. Dalam kitab Afrad: Diriwayatkan oleh ad-Daruquthni dari hadits Nafi', 'Abdullah bin 'Umar ra-dhiyallaahu 'anhuma berkata kepadaku bahwasanya darahku tidak mengalir. Maka, aku mencari ahli bekam, yang ia bukan anak-anak juga bukan kakek-kakek. Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

"Sesungguhnya bekam akan meningkatkan hafalan seseorang yang hafizh, dan meningkatkan kecerdasan orang yang cerdas. Maka, hendaknya kalian melakukan bekam dengan Nama Allah Ta'ala. Dan janganlah melakukan bekam pada hari Kamis, Jum'at, Sabtu dan Ahad. Hendaklah kalian melakukan bekam pada hari Senin. Sebab, sesungguhnya penyakit lepra dan belang kulit tidak diturunkan kecuali pada hari Rabu."

Sedangkan diriwayatkan Ayyub dari Nafi':

"Hendaklah kalian melakukan bekam pada hari Senin dan Selasa. Dan jangan melakukan pada hari Rabu." (22)

12. Khalal dalam Jaami'nya, bahwa dia mendapatkan berita dari Harb bin Isma'il, ia berkata: Aku berkata kepada Ahmad, "Hari apa saja yang dimakruhkan untuk berbekam?" Ia menjawab, "Hari Rabu dan Sabtu." Ibnul Jauzi dalam al-Maudhuu'aat berpendapat bahwa hadits ini maudhu' (palsu).

Bersambung...

===

(20) Ibnul Jauzi menyebutkan di dalam al-Maudhuu'aat 3/212 dari jalur Yahya bin Alla' ar-Razi, dari Zaid bin Aslam, dari Thalhah bin 'Abdillah, dari Husain bin 'Ali berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Pada hari Jum'at ada waktu yang jika seseorang untuk melakukan bekan bisa mengakibatkan kematian."

(21) Hadits ini maudhu' (palsu). Diriwayatkan oleh al-Hakim dalam kitab ath-Thibb 4/8256, al-Baihaqi dalam kitab al-Kubra 9/340 dan Ibnul Jauzi dalam kitab al-Maudhuu'aat 5/8328.

(22) Sanadnya kacau. Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dalam ath-Thibb 3487 dan 3488 dan al-Hakim dalam ath-Thibb 4/8255.

===

Maraji'/ sumber:
Buku: Sembuh dengan Satu Titik, Penulis: dr. Wadda' A. Umar, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan XIV, Nopember 2012 M/ Muharram 1434 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog