Skip to main content

Sembuh dengan Satu Titik: Hadits-hadits Tentang Bekam

Sembuh dengan Satu Titik

Bagian Pertama

Sekilas Tentang Bekam

Hadits-hadits Tentang Bekam

Sebagaimana diterangkan pada bab sebelumnya, bahwa bekam sudah dilakukan sebelum Islam datang, bahkan sejak ribuan tahun sebelumnya. Bekam sudah dipraktikkan di beberapa negara seperti: Mesir, persia, hindustan, suriah, Iskandariyah, saba dan Palestina. Saat itu, bekam merupakan cara pengobatan sehari-hari. Hampir semua masyarakat bisa melakukan bekam, baik yang terpelajar maupun yang tidak terpelajar.

Bekam, walaupun bukan urusan ibadah langsung kepada Allah Sub-haanahu wa Ta'aala, namun banyak disinggung Rasulullah (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam). Tujuan Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam menyampaikan hadits tentang bekam adalah:

1. Bahwa bekam merupakan perbuatan yang baik. Sebab, pada zaman Rasulullah (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam), bekam sudah menjadi pengobatan sehari-hari masyarakat, sehingga para Shahabat (ra-dhiyallaahu 'anhum) khawatir kalau-kalau bekam itu bertentangan dengan Islam. Lalu, Rasulullah (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) membolehkan membekam, bahkan memerintahkannya.

2. Memberikan pendidikan kepada manusia, agar manusia mempelajari bekam dan melakukan penelitian-penelitian tentang bekam.

3. Menunjukkan bahwa bekam merupakan pilihan utama dari berbagai metode pengobatan yang sudah ada pada saat itu.

4. Menunjukkan kekuasaan Allah, bahwa walaupun Rasulullah (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) bukan ahli bekam dan menyerahkan pengobatan bekam kepada Shahabat yang lain, namun ternyata Rasulullah (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) dengan bimbingan wahyu Ilahi, mampu menunjukkan titik-titik bekam yang efektif.

5. Menunjukkan bahwa Islam tidak hanya membahas rukun Islam dan rukun Iman saja, namun juga tentang pengobatan.

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Buku: Sembuh dengan Satu Titik, Penulis: dr. Wadda' A. Umar, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan XIV, Nopember 2012 M/ Muharram 1434 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog