Skip to main content

Alam jin menurut al-Qur-an dan as-Sunnah: Catatan ketiga puluh empat atas buku Dialog dengan jin Muslim

Alam jin menurut al-Qur-an dan as-Sunnah

Bab ketiga

Catatan atas buku Dialog dengan jin Muslim

Catatan ketiga puluh empat:

Masih dalam halaman 182 (pada nomor 6 dari judul Nasehat Islami), pengarang (Muhammad Isa Dawud) berkata:

Apabila dengan anugerah Allah jin tersebut keluar dari tubuh si sakit, maka sujud syukurlah anda dan ajaklah si sakit untuk sujud bersama anda. Ketahuilah bahwa yang membuat sesuatu berbahaya atau bermanfaat adalah Allah Sub-haanahu wa Ta'aala sedangkan kita hanyalah perantara dan sarana semata.

Saya (ustadz 'Abdul Hakim) berkata: Keterangan jin muslim ini sama dengan fatwa para 'ulama kita di sini ('ulama Indonesia), yaitu fatwa mereka yang mensyari'atkan sujud syukur berjama'ah. Ini yang saya mau beri catatan.

Apabila Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam telah selesai mengusir gangguan jin, beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam tidak pernah sujud syukur. Apabila hal itu sangat besar manfaatnya bagi kita dan kita mau sujud syukur, maka tidak ada salahnya menurut pandangan saya untuk melaksanakan hal tersebut, karena keumuman syari'at sujud syukur itu, Allahu a'lam. Akan tetapi hal itu bukan menjadi suatu kebiasaan, karena dalam perkataan di atas bentuknya adalah perintah, yakni perkataan, "...maka sujud syukurlah anda dan ajaklah si sakit untuk sujud syukur bersama anda." Ini berarti ada perintah untuk sujud syukur berjama'ah. Sujud syukur berjama'ah tidak diragukan lagi tentang bid'ahnya. Sujud syukur memang ada Sunnahnya, akan tetapi berjama'ahnya itu yang tidak ada Sunnahnya.

Demikianlah tiga puluh empat ta'liq (catatan) atau koreksian saya atas buku yang berjudul Dialog dengan jin muslim dan kalau saya baca lebih lengkap lagi barangkali akan lebih panjang koreksian saya atas buku ini. Akan tetapu saya maksudkan cukup sebagai i'tibar (pelajaran) bagi kita untuk berhati-hati terhadap buku Dialog dengan jin muslim.

Sampai di sini, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita sekalian, shallallaahu 'ala Muhammadin wa 'ala aalihi wa sallam wa aakhiru da'waanaa anilhamdulillaahi rabbil 'aalamiin. (88)

===

(88) Selesai dari tash-hih naskah dan penulisan catatan kaki, setelah Maghrib, Selasa, 31 Juli 2003. Walhamdulillaahi Rabbil 'aalamiin, wa shallallaahu wa sallamu 'ala nabiyyinaa Muhammadin.

Sub-haanakallaahumma wa bihamdika asy-hadu an-laa ilaaha illaa anta, astagh-firuka wa atuubu ilaika.

===

Maraji'/ Sumber:
Buku: Alam jin menurut al-Qur-an dan as-Sunnah, bantahan terhadap buku Dialog dengan jin Muslim, Penulis: Ustadz 'Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullaah, Penyusun: Ustadz Ibnu Saini bin Muhammad bin Musa rahimahullaah, Penerbit: Darul Qolam, Jakarta - Indonesia, Cetakan kedua, Tahun 1425 H/ 2004 M.

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog