Skip to main content

Misteri Kematian: Peristiwa dan Kisah-kisah Husnul Khatimah

Misteri Kematian

Menguak Fenomena Kematian dan Rentetan Peristiwa Dahsyat Menjelang Kiamat

Kematian dan Sakaratul Maut

Peristiwa dan Kisah-kisah Husnul Khatimah

1. Sa'ad bin Mu'adz ra-dhiyallaahu 'anhu.

Sa'ad bin Mu'adz ra-dhiyallaahu 'anhu berkata tentang lukanya yang menyebabkannya mati: "Ya Allah tumpahkan darahnya, maksudnya karena rindu pada-Mu." 'Arsy ar-Rahman pun terguncang karena gembira atas kematiannya. (87)

2. Handzalah bin Abu Amir ra-dhiyallaahu 'anhu.

Handzalah bin Abu Amir ra-dhiyallaahu 'anhu pergi berjihad meninggalkan kasur dan istrinya untuk memenuhi seruan Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, ia mati syahid kemudian dimandikan para Malaikat. (88)

3. Rabi' bin Khutsaim rahimahullaah.

Rabi' bin Khutsaim rahimahullaah adalah sosok yang selalu merasa takut, sedih, dan duka. Saat sekarat, putrinya berkata: "Duhai sakitnya ayahku!" Rabi' berkata: "Bukan begitu, tapi ucapkan: 'Duhai senangnya, duhai gembiranya! Ayahku menemukan kebaikan.'" (89)

4. Rab'i bin Khurasy rahimahullaah.

Rab'i bin Khurasy rahimahullaah, sosok yang berjanji kepada Allah untuk tidak terlihat tertawa di dunia, ia terlihat tersenyum di atas tempat pemandian jenazah karena kesedihan-kesedihan dunia yang ia rasa telah berakhir, akhirat datang dengan kegembiraannya, dan balasan diberikan sesuai jenis 'amal. (90)

5. Amir bin 'Abdullah bin Zubair rahimahullaah.

Amir bin 'Abdullah rahimahullaah mendengar seruan muadzin, ia saat itu tengah menghadapi sakaratul maut. Ia berkata: "Raihlah tanganku." Ada yang berkata padanya: "Kau sakit." Ia berkata: "Aku dengar penyeru Allah lalu aku tidak memenuhinya?!" Mereka meraih tangannya lalu shalat maghrib bersama imam, ia shalat satu raka'at kemudian meninggal dunia. (91)

6. 'Umar bin 'Abdul 'Aziz rahimahullaah.

Diriwayatkan dari Mughirah bin Hakim, ia berkata: Fathimah, istri 'Umar bin 'Abdul 'Aziz rahimahullaah bercerita kepadaku: "Aku sering mendengar 'Umar berdo'a: 'Ya Allah, sembunyikan kematianku dari mereka, ya Allah, sembunyikan kematianku dari mereka meski sesaat.' Suatu hari aku berkata padanya: 'Wahai Amir, aku mau keluar, kau tidak bisa tidur, mudah-mudahan kau bisa tidur.'

Aku keluar di sisi rumah tempat 'Umar bin 'Abdul 'Aziz rahimahullaah berada, aku mendengar 'Umar membaca:

"Negeri akhirat itu, Kami jadikan untuk orang-orang yang tidak ingin menyombongkan diri dan berbuat kerusakan di (muka) bumi. Dan kesudahan (yang baik) itu adalah bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Al-Qashash: 83)

Ia terus mengulang ayat ini, setelah itu 'Umar diam sesaat. Setelah itu aku berkata kepada pelayannya: 'Masuk lalu lihatlah.' Pelayan itu masuk lalu teriak. Aku masuk, ternyata pelayan itu telah menghadapkan wajah 'Umar ke kiblat, memejamkan matanya dengan satu tangan dan tangan lain menutup mulutnya." (92)

Bersambung...

===

(87) Al-Jaza' min Jinsil 'Amal 2/430-431.

(88) Al-Jaza' min Jinsil 'Amal 2/430-431.

(89) Al-Jaza' min Jinsil 'Amal 2/430-431.

(90) Al-Jaza' min Jinsil 'Amal 2/430-431.

(91) As-Siyar 5/215-220.

(92) Al-Hulyah 5/335, Al-Hada'iq, Ibnu Jauzi 3/44.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: ar-Riyad an-Naadirah fii Shahiih ad-Daaril Akhirah, Penulis: Dr. Ahmad Musthafa Mutawalli, Ta'liq: Syaikh 'Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani, Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin, judul terjemahan: Seri ke-1 (Serial Trilogi Alam Akhirah) Misteri Kematian, Menguak fenomena kematian dan rentetan peristiwa dahsyat menjelang Kiamat, Penerjemah: Umar Mujtahid Lc, Penerbit: Darul Ilmi Publishing, CV Darul Ilmi, Bogor - Indonesia, Cetakan II, Rabiul Akhir 1434 H/ Februari 2013 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog