Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Surat al-Baqarah (19-20/4)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Surat al-Baqarah (19-20/4)

Jenis-jenis Hati

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Sa'id ra-dhiyallaahu 'anhu, ia berkata: "Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

'Hati itu ada empat jenis: (Pertama) hati yang bersih, yang di dalamnya ada semacam pelita yang bersinar. (Kedua) hati yang tertutup lagi terikat. (Ketiga) hati yang terbalik, dan (keempat) hati yang berlapis. Hati yang bersih itu adalah hati seorang mukmin, maka pelita yang ada di dalamnya itu adalah cahaya hati. Adapun hati yang tertutup adalah hati orang kafir. Sedangkan hati yang terbalik adalah hati orang munafik sejati, ia mengenal Islam kemudian ingkar. Sedangkan hati yang berlapis adalah hati orang yang di dalamnya terdapat keimanan dan kemunafikan. Perumpamaan iman di dalam hati laksana sayur-sayuran yang disiram air bersih. Dan perumpamaan kemunafikan dalam hati laksana luka yang berlumuran nanah dan darah. Maka, mana saja di antara keduanya (darah iman dan nanah kemunafikan) yang mengalahkan yang lainnya, itulah yang akan menguasainya.'" (91)

Sanad hadits ini jayyid lagi hasan. (92)

Dan firman Allah Sub-haanahu wa Ta'aala:

"Jikalau Allah menghendaki, niscaya dia melenyapkan pendengaran dan penglihatan mereka. Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu." (QS. Al-Baqarah: 20)

Muhammad bin Ishaq meriwayatkan dari Ibnu 'Abbas ra-dhiyallaahu 'anhuma tentang firman Allah Ta'ala: "Jikalau Allah menghendaki, niscaya dia melenyapkan pendengaran dan penglihatan mereka," ia mengatakan: "(Dilenyapkan) karena mereka meninggalkan kebenaran setelah mengetahuinya." Tentang firman-Nya: "Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu," Ibnu 'Abbas mengatakan: "Artinya, Allah 'Azza wa Jalla berkuasa memberikan adzab ataupun ampunan kepada hamba-hamba-Nya." (93)

Ibnu Jarir mengatakan: "Sesungguhnya Allah menyifati diri-Nya dengan ke-Mahakuasaan atas segala sesuatu dalam hal ini, karena Dia hendak mengingatkan orang-orang munafik akan kekuatan dan keperkasaan-Nya. Dan Allah juga memberitahukan kepada mereka bahwa Dia meliputi mereka serta sanggup melenyapkan pendengaran dan penglihatan mereka." (94)

Ibnu Jarir dan kebanyakan ahli tafsir yang mengikuti beliau berpendapat bahwa kedua perumpamaan tersebut ditujukan untuk satu jenis munafik sehingga kata "aw" (atau) dalam firman Allah: "Atau seperti (orang-orang yang ditimpa) hujan lebat dari langit," (QS. Al-Baqarah: 19) bermakna "wa" (dan) seperti dalam firman Allah: "Dan janganlah kamu iktui orang yang berdosa dan orang yang kafir di antara mereka." (QS. Al-Insaan: 24)

Bisa juga "aw" (atau) di situ bermakna takhyiir (pilihan/ alternatif), yaitu dibuat perumpamaan pertama bagi mereka, dan jika ingin, bisa juga dengan perumpamaan kedua. Al-Qurthubi berkata: "Kata "aw" (atau) bermakna tasaawi (penyamarataan). Seperti dalam kalimat: "jaalisil hasana aw ibna siriina" (duduklah bersama al-Hasan atau bersama Ibnu Sirin). Seperti yang dijelaskan oleh az-Zamakhsyari bahwa keduanya sama, yaitu sama-sama boleh duduk bersamanya. Jadi, berdasarkan pendapat ini makna firman Allah tersebut adalah sama, perumpamaan manapun yang dibuatkan bagi mereka, yang pertama ataupun yang kedua, keduanya sesuai dengan keadaan mereka."

Bersambung...

===

(91) Ahmad 3/17.

(92) Akan tetapi menurut Syaikh al-Albani rahimahullaah sanad hadits ini dha'if dalam kitabnya Silsilah adh-Dha'iifah no. 5158. Begitu juga menurut Syaikh al-Arna'uth hafizhahullaah dalam al-Musnad 17/208 no. 11129, cet. Ar-Risalah.

(93) Ibnu Abi Hatim 1/76.

(94) Tafsiir ath-Thabari 1/361.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti?
Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog