Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: 'Amal yang Paling Dicintai Allah

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Bagian II

Sikap dan Perilaku Khidir 'alaihis salaam

Bab 16

'Amal yang Paling Dicintai Allah

Dalam kitabnya al-Hilyah, dalam bagian biografi Raja bin Haiwah (1) yang diperoleh dari Tarikh as-Siraj dan dari riwayat Muhammad bin Dzakwan, Abu Na'im menuturkan cerita Raja bin Haiwah. Raja berkata: Sesungguhnya aku pendukung Sulaiman bin 'Abdil Malik, dia pernah memberiku sebuah rumah. Lalu datang seorang laki-laki. (Raja menyebutkan laki-laki itu berperawakan baik) lalu orang tadi mengucapkan salam dan berkata: "Wahai Raja, engkau telah diuji dengan orang yang memberimu rumah. Di dekat kekuasaannya terdapat penyelewengan. Wahai Raja, kau harus berbuat baik dan menolong orang lemah. Dan ketahuilah bahwa orang yang mendapatkan rumah dari kekuasaan (sultan), lalu dia memenuhi kebutuhan rakyat miskin, yang tidak mampu dipenuhinya sendiri, akan bertemu Allah pada hari Kiamat untuk diperhitungkan. Dan ketahuilah, wahai Raja, sesungguhnya barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya yang Muslim, sungguh Allah berada, akan menolong kebutuhannya. Dan ketahuilah, wahai Raja, bahwa di antara amal yang paling disukai oleh Allah adalah memberikan harapan (raja') kepada sesama Muslim. Kemudian orang itu menghilang, dan Raja menganggap bahwa dia adalah Khidir 'alaihis salaam. (2)

Dalam kitabnya al-Mauqifiyaat az-Zubair bin Bakkar berkata: Aku mendapat kabar dari as-Sirri bin al-Harats al-Anshari, dari anak al-Harats bin ash-Shammah, dari Mush'ab bin Tsabit Ibnu 'Abdillah bin az-Zubair (3), bahwasanya 'Abdullah bin az-Zubair biasa shalat sehari semalam sebanyak seribu raka'at dan berpuasa sepanjang masa.

'Abdullah az-Zubair berkata: Ketika orang-orang sudah mulai keluar dari masjid, aku masih tetap tinggal di dalamnya. Tiba-tiba datang seorang laki-laki mendekati rumah Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, kemudian menyandarkan punggungnya ke dinding, lalu berdo'a, "Ya Allah, sesungguhnya Engkau tahu, aku kemarin berpuasa, kemudian tibalah waktu malam, sedangkan aku tidak menemukan sesuatu untuk berbuka puasa. Ya Allah, hingga hari ini pun aku masih berpuasa, namun aku masih belum juga mendapatkan sesuatu untuk berbuka. Ya Allah hari pun berlalu, dan aku menginginkan bubur, maka berilah aku makan dari sisi-Mu."

Lalu aku lihat melalui lubang angin di menara, ada seorang pelayan masuk, postur tubuhnya tidak seperti manusia, dia membawa mangkuk, lalu memberikannya kepada orang yang berdo'a tadi, dan meletakkan mangkuk di hadapannya. Orang tadi makan dan dia memanggilku, "Kemarilah!" Lalu aku datang dan kupikir makanan ini berasal dari Surga. Aku juga berhasrat untuk mencicipinya. Lalu aku makan hidangan tersebut sesuap, dan kurasakan sebuah kelezatan yang tak pernah aku rasakan sebelumnya. Karena aku merasa malu, aku berdiri dan kembali ke tempatku semula. Kemudian ketika dia selesai menyantap makanannya, pelayan tadi mengambil mangkuk, lalu kembali ke tempat dimana ia datang sebelumnya.

Kemudian orang tadi berdiri dan beranjak pergi, lalu aku mengikutinya untuk mengetahuinya. Kemudian dia menghilang, dan aku tidak tahu ke mana perginya dia, maka aku mengira bahwa dia adalah Khidir 'alaihis salaam.

Bersambung...

===

(1) Dia adalah Raja bin Haiwah, Abu al-Muqaddam, orangnya terpercaya dan ahli fiqih, termasuk thabaqah ketiga. Diriwayatkan oleh Muslim dan keempat imam lainnya. Meninggal tahun 112 H. Lihat: at-Taqrib 1/248, at-Tahdzib 3/265, Ma'rifatu ats-Tsiqat 473, al-Hilyah 5/170, Shifatu ash-Shafwah 4/213.

(2) Al-Hilyah 5/171 dalam biografi Raja' bin Haiwah.

(3) Dia adalah Mush'ab bin Tsabit 'Abdillah al-Asadi, dan dia juga seorang ahli 'ibadah, dan termasuk golongan ketujuh. Tutur katanya lembut. Diriwayatkan oleh Abu Dawud, an-Nasa-i dan Ibnu Majah. Meninggal tahun 157 H. Lihat: at-Taqrib 2/251, al-Majruhin 3/28, al-Mizan 4/118.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog