Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: Khidir Mengasingkan Diri Karena Takut Terkenal

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Bagian II

Sikap dan Perilaku Khidir 'alaihis salaam

Bab 18

Khidir 'alaihis salaam Mengasingkan Diri Karena Takut Terkenal

Diriwayatkan oleh Dawud bin Mahran, dari Syaikh, dari Habib Abi Muhammad, sesungguhnya Habib melihat seseorang. Lalu Habib berkata kepadanya, "Siapakah kamu?" Dia menjawab, "Aku adalah Khidir."

Diriwayatkan juga dari Muhammad bin Umran, dari Ja'far ash-Shadiq (1), bahwasanya Ja'far dulu sedang bersama bapaknya, tiba-tiba seorang laki-laki datang kepada mereka. Ayahnya bertanya tentang beberapa masalah. Ja'far berkata, lalu ayahku menyuruhku untuk mengikuti orang tadi, tapi aku tidak mendapatkannya. Bapakku berkata, "Dia Khidir."

Diriwayatkan pula dari Abu Ja'far al-Manshur (2), bahwasanya ketika sedang berthawaf, dia mendengar seseorang sedang mengobrol. Orang tadi berkata:

"Aku ingin mengadu kepadamu tentang munculnya berbagai kesewenang-wenangan dan kerusakan." Lalu dia dinasihati oleh teman ngobrolnya. Kemudian teman ngobrolnya itu pergi keluar. Dia berkata kepada orang-orang di sekitar, "Tolong carilah orang tadi!" Namun mereka tidak menemukannya. Dia berkata, "Dia Khidir."

Ibnu Asakir mengeluarkan suatu hadits melalui 'Umar bin Farwakh (3), dari 'Abdurrahman bin Habib (4), dari Sa'ad bin Sa'id, dari Abu Thayyibah, dari Katsir bin Wabrah, bahwasanya Katsir berkata: Saudaraku dari Syam datang kepadaku. Dia memberi hadiah kepadaku. Lalu aku bertanya, "Siapakah yang memberikan hadiah ini kepadamu?" Dia menjawab, "Ibrahim at-Tamimi." "Lalu siapakah yang menghadiahkannya kepada Ibrahim at-Tamimim?" Dia berkata, "Ibrahim at-Tamimi berkata kepadaku, 'Suatu kali aku sedang duduk di bawah pancuran Ka'bah. Lalu datang kepadaku seseorang. Menurutku dia adalah Khidir. Dia memberikan hadiah ini kepadaku, dan dia menyebutkan sebuah dzikir kepadaku berupa puji-pujian dan do'a-do'a. (5)

Bersambung...

===

(1) Dia adalah Ja'far bin Muhammad bin 'Ali bin al-Husain, Abu 'Abdillah, dikenal dengan kejujurannya, dapat dipercaya dan ahli fiqih, seorang imam, termasuk golongan keenam. Diriwayatkan dari Muslim dan keempat imam lainnya, juga al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad. Meninggal tahun 148 H. Lihat: at-Taqrib 1/132, at-Tahdzib 2/103, Ma'rifatu ats-Tsiqat 226.

(2) Khalifah pada zaman Abbasiyah. Lihat biografinya dalam kitab Tarikh al-Khulafa' karya as-Suyuthi 414-433.

(3) Demikian aslinya. Dan yang ada dalam at-Taqrib 2/61. Dia adalah Ghamar bin Farwah, dapat dipercaya dan mungkin juga meragukan, termasuk thabaqah ketujuh. Diriwayatkan oleh Abu Dawud dalam kitab al-Marasil. Semoga yang dimaksud adalah dia, dan penulisannya dalam bentuk asli. Wallaahu a'lam.

(4) Dia adalah 'Abdurrahman bin Habib bin Ardak al-Madani, termasuk golongan ketujuh. Diriwayatkan oleh Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah. Tutur katanya lembut. Lihat: at-Taqrib 1/476.

(5) Telah disebutkan periwayatannya.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog