Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: Kisah Khidir Bersama Ibrahim bin Adham

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Bagian II

Sikap dan Perilaku Khidir 'alaihis salaam

Bab 23

Kisah Khidir 'alaihis salaam Bersama Ibrahim bin Adham

Kami meriwayatkan kabar Ibrahim bin Adham (1). Ibrahim bin Basyar, pembantu Ibrahim bin Adham, berkata: "Aku menemaninya pergi ke tanah Syam, lalu aku berkata: 'Wahai Abu Ishaq (Ibrahim bin Adham), ceritakan kepadaku tentang sesuatu ketika dirimu masih muda.' Dia berkata: 'Waktu masih muda aku senang berburu. Suatu hari aku keluar, kulihat jejak kelinci atau serigala. Ketika aku sedang memburunya, tiba-tiba ada suara bisikan, namun aku tidak melihatnyah 'Wahai Ibrahim, apakah untuk ini kau diciptakan? Apakah ini yang telah diperintahkan padamu?' Aku kaget dan terhenti, kemudian aku membaca ta'awwudz. Binatang tungganganku pun berlari-lari, terus bergerak berulang-ulang. Kemudian ada suara bisikan dari bagian depan pelana. Lalu aku jawab, 'Demi Allah, aku tidak diciptakan untuk berbuat ini, dan sama sekali tidak diperintahkan untuk melakukan ini.' Tiba-tiba aku melihat seorang pengembala ayahku sedang menggembala domba, lalu aku ambil surbannya dan aku pakai. Aku langsung bergegas ke arah Makkah tanpa membawa apa-apa.

Ketika aku sampai di daerah Badiah, aku melihat seseorang sedang berjalan, dia tidak mempunyai air ataupun perbekalan. Ketika hari sudah beranjak sore, dan dia menunaikan shalat maghrib, dia menggerakkan bibirnya dengan suatu kata, namun aku tidak memahaminya. Lalu tiba-tiba terdapat hidangan dan minuman tersaji. Kemudian aku makan dan minum bersamanya. Selama berhari-hari inilah yang aku alami, dan dia mengajarkan padaku nama Allah yang paling agung, kemudian dia menghilang. Aku pun tinggal sendiri. Namun ketika pada suatu hari aku merasa tercekam dengan kesendirian, aku berdo'a kepada Allah, lalu ada seseorang yang menarik perhatianku. Dia berkata kepadaku, 'Mintalah sesuatu kau akan memperolehnya.' Perkataannya ini membuatku takit. Dia berkata, 'Janganlah engkau takut, aku saudaramu Khidir.'" (2)

Dalam sebuah bagian dalam karyanya, 'Abdul Mughits bin Zuhair al-Harabi mengumpulkan kabar Khidir dari Ahmad bin Hambal. Dia berkata: "Waktu itu aku berada di Baitul Maqdis, lalu aku melihat Khidir dan Ilyas." Ahmad juga berkata, "Waktu itu aku sedang tidur, lalu Khidir datang kepadaku dan berkata, 'Katakanlah kepada Ahmad, sesungguhnya warga langit dan Malaikat meridhaimu.'" (3)

Masih dari Ahmad bin Hambal, bahwasanya dirinya pergi ke Makkah, kemudian ada seseorang menemaninya. Ahmad berkata: "Terbetik dalam diriku bahwa dia adalah Khidir." Ibnu al-Jauzi mengatakan kabar yang dikumpulkan oleh 'Abdul Mughits itu tidak terbukti berasal dari Ahmad (bin Hambal). Dalam kumpulan itu disebutkan pula bahwa Ma'ruf al-Karakhi berkata: "Khidir berbicara padaku." Persoalannya, benarkah cerita ini berasal dari Ma'ruf?

Bersambung...

===

(1) Dia adalah Ibrahim bin Adham bin Manshur, Abu Ishaq, al-Balakhi, orang yang zahid, orangnya dapat dipercaya, termasuk thabaqat kedelapan. Diriwayatkan at-Tirmidzi dan al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad. Meninggal tahun 162 H. Lihat: at-Tahdzib 1/103, at-Taqrib 1/131, Ma'rifatu ats-Tsiqat 19, al-Hilyah 7/367, 8/3, Shifatu Shafwah 2/145.

(2) Disebutkan oleh Abu Na'im dalam al-Hilyah 7/368 tanpa menyebutkan masalah Khidir.

(3) Disebutkan Abu Na'im dalam al-Hilyah 9/188 dengan maknanya.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog