Skip to main content

Sembuh dengan Satu Titik: Hadits-hadits yang Berkaitan dengan Tempat-tempat yang Baik untuk Dibekam

Sembuh dengan Satu Titik

Bagian Pertama

Sekilas Tentang Bekam

Hadits-hadits yang Berkaitan dengan Tempat-tempat yang Baik untuk Dibekam

Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam memilihkan tempat-tempat (titik-titik) yang sangat baik untuk dibekam. Dalam beberapa riwayat disebutkan:

1. Dari Anas ra-dhiyallaahu 'anhu, ia berkata: "Sesungguhnya Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam dibekam pada akhda'ain (10) dan kahil (bahu)." (11)

2. Dalam Shahihain, disebutkan bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah dibekam tiga kali: sekali pada kahilnya, dan dua kali pada akhda'ainnya. (12)

3. Dalam Shahiihul Bukhaarii, Anas ra-dhiyallaahu 'anhu meriwayatkan bahwasanya Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah dibekam di kepalanya karena pusing saat ihram. (13)

4. Dalam Shahiih Ibnu Hibbaan, Abu Hurairah ra-dhiyallaahu 'anhu meriwayatkan bahwasanya Abu Hindi pernah membekam Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pada yafukh. (14)

5. Dalam Sunan Abii Daawud, dari Jabir ra-dhiyallaahu 'anhu, bahwasanya Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah dibekam dalam Wirknya. (15)

6. Muamar berkata: Aku pernah dibekam hingga aku tidak sadar sampai-sampai aku dituntun membaca al-Fatihah seperti saat shalat. Itu karena aku dibekam pada hammah. (Dikisahkan oleh Abu Dawud secara mu'alaq)

7. Dari Ibnu 'Umar ra-dhiyallaahu 'anhuma, Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah dibekam pada kepala bagian depan, yang disebut dengan ummu mughits. (HR. Ath-Thabrani dalam al-Ausath)

8. Abu Na'im dalam Thibbun Nabawii, menyebutkan sebuah hadits marfu' yang diriwayatkan oleh ath-Thabrani dalam al-Kabiir 7306, bahwasanya Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

"Hendaklah kalian berbekam di tengah qamahduah, karena dapat menyembuhkan 72 penyakit."

Dalam hadits lain:

"Hendaklah kamu berbekam pada tengah-tengah qamahduah, karena dapat menyembuhkan lima penyakit."

Bersambung...

===

(10) Akhda'ain ialah dua urat di samping kiri dan kanan leher, kadang-kadang posisinya agak tersembunyi.

(11) Diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya 4/12192, Abu Dawud dalam ath-Thibb 3860, at-Tirmidzi 2058, Ibnu Majah 3483, Ibnu Hibban 6077, ath-Thayalisi 1994, dan al-Baihaqi 9/340 dengan sanad hasan.

(12) Diriwayatkan oleh Ahmad dan yang lainnya, kecuali al-Bukhari dan Muslim.

(13) Diriwayatkan oleh al-Bukhari dalam kitab ath-Thibb 5699 bab 14 al-Hijaamah 'alar Ra'si, dari hadits Ibnu 'Abbas ra-dhiyallaahu 'anhuma bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah melakukan bekam di kepala.

(14) Yafukh adalah titik temu antara tulang tengkorak bagian depan dan bagian belakangnya.

(15) Lihat kitab ath-Thibb 3863 bab 5. Hadits ini juga diriwayatkan oleh an-Nasa-i dalam al-Manaasik 2848.

===

Maraji'/ sumber:
Buku: Sembuh dengan Satu Titik, Penulis: dr. Wadda' A. Umar, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan XIV, Nopember 2012 M/ Muharram 1434 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog