Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: 'Amal yang Paling Dicintai Allah (2)

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Bagian II

Sikap dan Perilaku Khidir 'alaihis salaam

Bab 16

'Amal yang Paling Dicintai Allah (2)

Ibnu Asakir menyebutkan cerita dari jalur riwayat Ibrahim bin 'Abdillah bin al-Mughirah, dari 'Abdullah, 'Abdullah berkata: Ayahku menyampaikan kepadaku bahwa beberapa pengurus masjid berkata kepada Walid bin 'Abdil Malik: Sesungguhnya Khidir melakukan shalat tiap malam di masjid ini.

Ishaq bin Ibrahim al-Hambali berkata dalam karyanya ar-Rimaah, dari 'Utsman bin Sa'id al-Antha'i, dari 'Ali bin al-Asyam al-Mushishi, dari 'Abdul Hamid bin Bahr (4), dari Salam ath-Thawil (5), dari Dawud bin Yahya, tuan yang pernah menolong ath-Thafawi, dari seorang laki-laki yang sering berada di Baitul Maqdis dan Asqalan, dia berkata:

Ketika aku berjalan menyusuri lembah di Yordania, aku bertemu seseorang di sisi lembah sedang berdiri melakukan shalat. Sedangkan di atas sana, awan memayungi dirinya dari terik matahari, lalu terbetik dalam hatiku, sepertinya dia adalah Ilyas 'alaihis salaam sang Nabi. Lalu aku mendatanginya dan menyalaminya. Kemudian dia berhenti berdo'a dan menjawab salamku.

Lalu aku berkata kepadanya, "Siapakah kamu, semoga Allah merahmatimu?" Dia tidak menjawab sedikitpun. Lalu aku mengulangi pertanyaan itu dua kali, kemudian dia menjawab, "Aku adalah Ilyas sang Nabi." Aku merasakan getaran yang hebat, dalam pikiranku, aku khawatir dia akan pergi. Aku berkata kepadanya, "Semoga Allah merahmatimu, do'akanlah aku agar Allah menyingkirkan apa yang menghalangiku hingga aku dapat mengerti apa yang kau ucapkan."

Dia berkata, lalu dia berdo'a untukku dengan delapan macam do'a. Lalu dia berdo'a, "Wahai Sang Maha Kebaikan, Maha Penyayang, Mahahidup, Maha Berdiri Sendiri, Penuh Belas Kasih, Maha Dermawan, Wahai Pengusir Keburukan.

Lalu hilanglah gemetaran yang aku rasakan tadi. Aku bertanya, "Kepada siapa engkau diutus?" Dia berkata, "Kepada kaum Ba'labak." Aku berkata, "Apakah engkau juga diberi wahyu pada saat ini?" Dia berkata, "Untuk kaum Muhammad (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam), sang penutup Nabi, aku tidak menerima wahyu." Aku berkata, "Berapa banyak di antara Nabi yang masih hidup?" Dia berkata, "Empat. Aku sendiri dan Khidir di bumi. Idris dan 'Isa di langit." Aku bertanya, "Apakah engkau bertemu dengan Khidir?" Dia berkata, "Ya, aku bertemu dengannya tiap tahun di Arafah." Aku bertanya lagi, "Apa yang kalian bicarakan di sana?" Dia berkata, "Aku mencukur rambutnya, dan dia mencukur rambutku." Aku bertanya lagi, "Lalu ada berapa abdal (para pengganti)?" Dia berkata, "Mereka ada enam puluh laki-laki, lima puluh di antara mereka berada di antara pantai Arisy di Mesir sampai ke pantai al-Farrat, dua orang di al-Mashishah, seorang di Antakia, dan tujuh orang tersebar di seluruh negeri, mereka memberi minum, mereka membasmi para musuh, dan mereka melaksanakan perintah Allah tentang perkara dunia, hingga apabila ada seseorang yang hendak berbuat kehancuran pada dunia, mereka membunuh mereka semua." (6) Menurutku, sanad yang ada dalam hadits ini semuanya tidak diketahui dan matruk.

Bersambung...

===

(4) Dia adalah 'Abdul Hamid bin Bahr al-Kufi, tinggal di Bashrah, meriwayatkan hadits dari Malik dan teman-temannya, dan Ibnu Habban berkata tentangnya: Dia mencuri hadits, tidak dihalalkan menjadikannya sebagai hujjah. Lihat: Al-Majruhin 2/142, al-Mizan 2/538.

(5) Dia adalah Salam bin Salim, Abu Sulaiman, dikatakan padanya hadits panjang ini, matruk, termasuk golongan ketujuh. Diriwayatkan Ibnu Majah. Meninggal tahun 177 H. Lihat: At-Taqrib 1/342, adh-Dhu'afa' ash-Shaghir karya al-Bukhari 55, al-Majruhin 1/335, al-Mizan 2/175, at-Tahdzib 1/342, adh-Dhu'afa' karya ad-Daruquthni 265.

(6) Sanadnya dha'if sekali, dan bahkan mungkin maudhu' (palsu).

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog