Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: Nasihat-nasihat Khidir

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Bagian II

Sikap dan Perilaku Khidir 'alaihis salaam

Bab 19

Nasihat-nasihat Khidir 'alaihis salaam

Abu Husain bin al-Munadi menyebutkan hadits melalui Musallamah bin 'Abdil Malik, dari 'Umar bin 'Abdil 'Aziz, bahwasanya dia bertemu dengan Khidir. Juga dalam kitab al-Mujalasah karya Abu Bakar ad-Dainuri, melalui Ibrahim bin Khalid, dari 'Umar bin 'Abdil Aziz, dia berkata:

Aku melihat Khidir dan dia saat itu sedang berjalan dengan cepat, dan dia berkata: "Sabarlah wahai jiwa, sabarlah bagi hari-hari yang telah engkau lewati dan sirna untuk mendapatkan hari-hari yang kekal abadi. Sabarlah menghadapi hari-hari yang pendek ini, untuk menghadapi hari-hari yang sangat panjang." (1)

Ya'qub bin Sufyan berkata dalam kitab sejarahnya, dari Muhammad bin 'Abdil 'Aziz ar-Ramli (2), dia berkata dari Dhamrah -dia adalah anak Rabi'ah- dari as-Sirri bin Yahya, dari Riyah Ibnu Ubdah (3), dia berkata: Aku melihat seorang laki-laki berjalan bersama 'Umar bin 'Abdil 'Aziz (seorang khalifah), memegang tangannya dengan keras. Dalam hati aku berkata, orang ini benar-benar tidak sopan (kasar), kemudian ketika dia shalat, aku berkata, "Wahai Abu Hafash ('Umar bin 'Abdil 'Aziz), siapakah orang yang tadi bersamamu dan memegang tanganmu dengan keras itu?" Dia berkata, "Sungguh engkau telah melihatnya wahai Riyah?" Aku katakan kepadanya, "Ya, aku melihatnya." Dia berkata, "Menurutku engkau adalah orang yang shalih, tadi itu adalah saudaraku Khidir, dia memberi kabar gembira kepadaku, bahwa aku dapat berbuat adil." (4)

Menurutku, sanad yang terangkum dalam hadits ini lebih baik. Aku juga telah mencermati tema ini. Abu Urubah al-Harani meriwayatkan hadits dalam kitab Tarikh, dari Ayyub Ibnu Muhammad al-Waraq, dari Dhamrah juga. Diriwayatkan Abu Na'im dalam al-Hilyah dari Ibnu al-Muqra, dari Abu Urubah dalam biografi 'Umar bin 'Abdil 'Aziz. (5)

Bersambung...

===

(1) Ibnu Katsir ra-dhiyallaahu 'anhu berkata: Riwayat-riwayat dan hikayat-hikayat ini telah menjadi pokok pembicaraan yang tiada henti hingga saat ini. Hadits-hadits yang disambungkan sanadnya hingga Rasul Shallallaahu 'alaihi wa Sallam ini sangat lemah sekali, tidak dapat dijadikan hujjah dalam hal agama. Dan kebanyakan dari hikayat ini tidak terlepas dari kelemahan yang ada pada sanadnya. Dan kecil kemungkinannya hikayat tersebut shahih, karena orang tersebut bukanlah ma'shum (orang yang dijaga dari perbuatan salah), baik itu shahabat atau selainnya. Oleh karena itu bisa saja dia berbuat salah. Wallaahu a'lam. Demikian nukilan dari al-Bidayah 1/334.

(2) Dia adalah Muhammad bin 'Abdil 'Aziz al-Amri ar-Ramli, orangnya dapat dipercaya dan agak diragukan, termasuk golongan kesepuluh. Diriwayatkan oleh al-Bukhari, an-Nasa-i dan at-Tirmidzi dalam asy-Syamail. Lihat: at-Taqrib 2/186, al-Jam'u 2/462.

(3) Dalam al-Hilyah dan al-Bidayah wa an-Nihayah: Ribah bin Ubaidah.

(4) Disebutkan oleh al-Hafizh Ibnu Katsir dalam al-Bidayah 1/334, dia berkata: Syaikh Abu Farah Ibnu al-Jauzi berkata: Di mata para 'ulama ar-Ramli memiliki cacat. Abu al-Husain juga telah mencelanya. Begitu pula Dhamrah, as-Sirri dan ar-Ribah, semuanya tak luput dari kritik Abu Husain. Abu al-Husain kemudian meriwayatkan hadits di atas melalui jalur riwayat lain, yakni dari 'Umar bin 'Abdil 'Aziz, bahwasanya dia bertemu dengan Khidir. Tapi, dia melemahkan semua jalur riwayat yang disebutkannya.

(5) Al-Hilyah 5/254.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog