Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: Khidir dan Abu Mahjan

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Bagian I

Sosok Khidir yang Sebenarnya

Bab 13

Khidir 'alaihis salaam dan Abu Mahjan

Diriwayatkan Sa'if dalam al-Futuh bahwa ada sekelompok orang (jama'ah) bersama Sa'ad bin Abi Waqash. Kemudian mereka melihat Abu Mahjan, dia seorang yang pernah ikut berperang. Lalu Abu Mahjan menceritakan sebuah kisah panjang. Mereka sama sekali tidak mengetahui tentang Khidir, siapakah sebenarnya dirinya.

Cerita ini menunjukkan bahwa mereka telah memastikan tentang kehadiran Khidir pada waktu itu. Abu 'Abdillah bin Battah al-Akbari al-Hambali juga berkata, kami mendapatkan hadits ini dari Syu'aib bin Ahmad bin Abi al-Awwam, dari Ibrahim bin 'Abdil Hamid al-Wasithi, dari Abien bin Sufyan, dari Ghalib bin 'Abdillah bin al-'Aqili, dari Hasan al-Bashri, dia berkata: Suatu ketika terjadi perbedaan paham antara seorang ahlus Sunnah dan Ghailan al-Qadari tentang masalah takdir. Kedua pihak setuju bila ada orang pertama yang muncul dari arah yang telah mereksa sepakati, untuk menjadi penengah. Kemudian muncul seseorang berkebangsaan Arab dengan sorban lentur yang diselempangkan di atas bahu. Melihat orang tersebut, kedua orang tadi berkata kepadanya: "Kami ingin kau menjadi penengah dan menghakimi apa yang kami perselisihkan." Orang tersebut menghamparkan kainnya, lalu duduk di atasnya, dan berkata: "Duduklah kalian berdua." Kemudian kami duduk di hadapannya. Kemudian dia menyalahkan Ghailan. Al-Hasan berkata, itulah Khidir.

Dalam sanadnya terdapat Abien bin Sufyan, dan dia itu termasuk orang yang matruk.

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog