Skip to main content

Sembuh dengan Satu Titik: Antara Bekam, Thibbun Nabawi, dan Kedokteran Modern (6)

Sembuh dengan Satu Titik

Bagian Pertama

Sekilas Tentang Bekam

Antara Bekam, Thibbun Nabawi, dan Kedokteran Modern (6)

Definisi Thibbun Nabawi

Secara lengkap, Thibbun Nabawi harus mencakup beberapa hal di bawah ini:

1. Thibbun Nabawi adalah pengobatan yang memakai alat, bahan-bahan, metode dan cara kerja seperti pada zaman Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa Sallam.

2. Thibbun Nabawi adalah pengobatan yang diamalkan atau ditetapkan para Nabi, Shahabat, Tabi'in, Tabi'ut Tabi'in dan para pengikutnya.

3. Thibbun Nabawi adalah pengobatan yang menjaga akal, nasab, jiwa, jasad, dan kehormatan manusia.

4. Thibbun Nabawi adalah pengobatan yang tidak bercampur dengan sesuatu yang haram, syirik, khurafat ataupun bid'ah.

5. Thibbun Nabawi adalah pengobatan yang menjadikan Allah Sub-haanahu wa Ta'aala sebagai Penyembuh yang tidak mengurangi ketawakkalan.

Secara umum, Thibbun Nabawi dibagi menjadi dua golongan. Yakni pengobatan yang tidak melukai tubuh (non invasif) dan pengobatan yang melukai tubuh (invasif). Yang tidak melukai tubuh terdiri dari pengobatan ilahiyah atau non material, dan pengobatan thabi'iyah atau material atau alami. Pengobatan non material tidak memakai benda atau materi. Sedangkan pengobatan material memakai benda-benda alam, baik benda padat maupun cair, berbahan hewan, tumbuhan ataupun material alam.

Inti dari Thibbun Nabawi adalah tawakkal dan menyandarkan semua kesembuhan kepada Allah. Pengobatan apapun yang dilakukan haruslah disertai dengan tawakkal, sehingga Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam tidak melarang orang yang meninggalkan berobat karena takut mengurangi ketawakkalannya. Berobat dengan cara apapun yang menjauhkan manusia dari ketawakkalan kepada Allah, berarti ia telah keluar dari Thibbun Nabawi. Di sini, masalah tauhid juga menjadi inti dari Thibbun Nabawi. Dengan demikian, pengobatan ini akan dijauhkan dari perbuatan syirik, khurafat, dan bid'ah.

Thibbun Nabawi juga berisi pengobatan dengan ruqyah syar'iyyah yang merupakan do'a-do'a yang diambil dari ayat al-Qur-an. Ruqyah yang tidak diambil dari syari'at Islam berarti sudah keluar dari Thibbun Nabawi. Dzikir dan do'a yang diambil dari hadits Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam dan ayat al-Qur-an, termasuk bagian Thibbun Nabawi yang harus diamalkan pula. Yang termasuk Thibbun Nabawi lainnya adalah sirah, yaitu mengamalkan pola hidup sehari-hari berdasarkan contoh dari Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, misalnya cara makan minum yang sesuai Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, diet ala Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, cara tidur dan bangun, thaharah (bersuci), mandi, buang air, cara berpakaian, dan perilaku sehat beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam sehari-hari lainnya.

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Buku: Sembuh dengan Satu Titik, Penulis: dr. Wadda' A. Umar, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan XIV, Nopember 2012 M/ Muharram 1434 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog