Skip to main content

Tanda-tanda husnul khatimah: Mati di saat mengerjakan suatu amal shalih

Bab VIII

Tanda-tanda husnul khatimah

18. Mati di saat mengerjakan suatu amal shalih.

Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda,

"Barangsiapa yang mengucapkan Laa ilaaha illallaah (tidak ada Yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah) ia mengucapkannya karena mengharap wajah Allah, lalu ia berakhir hidupnya dalam keadaan seperti itu, maka ia pasti masuk Surga. Barangsiapa yang berpuasa suatu hari karena mengharap wajah Allah, lalu ia berakhir hidupnya dalam keadaan seperti itu, maka ia pasti masuk Surga. Dan barangsiapa yang bershadaqah dengan suatu shadaqah karena mengharap wajah Allah, lalu ia berakhir hidupnya dalam keadaan seperti itu, maka ia pasti masuk Surga." (11)

Bersambung...

===

(11) Pada kesempatan ini aku kabarkan bahwa kakakku Muhammad Najiy Abu Muhammad telah wafat di musim hajji tahun lalu (1401 H) -mudah-mudahan dicatat sebagai pelaku amal shalih, insya Allah- ketika ia berada di tempat melempar jumrah di akhir hari-hari tasyriq, saat itu ia berada bersama beberapa teman jama'ah hajji, sebagian mereka menyampaikan kepadaku bahwa seorang di antara teman duduknya memberikan kepadanya segelas teh dengan tangan kiri, maka ia berkata: Wahai saudaraku, berikan aku teh dengan tangan kanan dan jangan menyalahi Sunnah, dan ia pun mati saat itu. Semoga Allah merahmatinya dan mengumpulkan kita bersamanya (dengan para Nabi, orang-orang yang benar, orang-orang yang mati syahid, serta orang-orang yang shalih- dan mereka itulah teman-teman yang terbaik).

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Talkhiish ahkaamul janaa-iz wa bida'uha, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, Judul terjemahan: Panduan praktis hukum jenazah, Penerjemah: Muhammad Dahri Lc dkk, Penerbit: Darus Sunnah Press, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog