Skip to main content

Kisah dajjal dan turunnya Nabi 'Isa 'alaihis salam untuk membunuhnya (41)

Kronologi kisah al-masih ad-dajjal dan turunnya 'Isa 'alaihis salam, serta terbunuhnya dajjal oleh 'Isa 'alaihis salam berdasarkan riwayat Abu Umamah radhiyallaahu 'anhu dengan tambahan riwayat yang shahih dari shahabat lain radhiyallaahu 'anhum.

41. Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

[Kemudian sesudah kematian dajjal, manusia hidup selama tujuh tahun, yang mana di antara dua orang tidak lagi ada permusuhan.] (111)

Bersambung...

===

(111) Riwayat Imam Ahmad dalam kitab al-Musnad, Imam Muslim dan Imam al-Hakim dalam kitab al-Mustadrak dari Ibnu 'Amr radhiyallaahu 'anhu.

Riwayat ini tidak bertentangan dengan riwayat bahwa 'Isa 'alaihis salaam akan menetap hidup di bumi selama empat puluh tahun (paragraf 45) sebagaimana yang nampak pada nash. Adapun pendapat al-Hafizh Ibnu Katsir 1/177 setelah menyebut paragraf yang tersebut tadi: "Dan telah diriwayatkan di dalam kitab Shahih Muslim dari 'Abdullah bin 'Umar radhiyallaahu 'anhu (!) bahwa 'Isa 'alaihis salaam hidup di bumi selama tujuh tahun, maka ini sulit diterima..."

Dan sepertinya pula perkataan al-Hafizh Ibnu Hajar dalam kitab al-Fat-h 6/384: "Dan Muslim meriwayatkan dari hadits Ibnu 'Umar radhiyallaahu 'anhu tentang masa mukimnya 'Isa 'alaihis salaam di bumi ini setelah dia turun, bahwa masanya tujuh tahun."

Aku katakan: "Semua ini tidak ada dasarnya dalam (kitab Shahih) Muslim, akan tetapi yang ada adalah hadits Ibnu ('Amr) bukan (Ibnu 'Umar) sebagaimana yang aku sebutkan di atas: "Kemudian manusia tinggal di bumi setelah kematiannya (dajjal) selama tujuh tahun. Yang tetap tinggal adalah manusia bukan 'Isa 'alaihis salaam. Oleh karena itu tidak ada kemusykilan di sini. Alhamdulillaah."

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Qishshatu al-Masiihi ad-Dajjaali wa Nuzuuli 'Isa 'alaihish shalaatu was salaamu wa Qatlihi Iyyaahu, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, Penerbit: Maktabah al-Islamiyyah, 'Amman - Yordan, Cetakan I, 1421 H, Judul terjemahan: Kisah dajjal dan turunnya 'Isa 'alaihis salam untuk membunuhnya, Penerjemah: Beni Sarbeni, Penerbit: Pustaka Imam asy-Syafi'i, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog